dalam Linux

Linux Bukan Sekedar Sistem Operasi (OS)

Kehadiran Linux di dalam dunia teknologi informasi tidak hanya sekedar merupakan kehadiran sebuah sistem operasi alternatif belaka, namun lebih jauh lagi merupakan pemicu adanya revolusi pemikiran pada industri perangkat lunak.

Dikatakan demikian karena untuk pertama kalinya di dunia, fenomena demokratisasi telah memasuki industri teknologi informasi, sesuatu yang belum pernah terjadi dan terpikirkan sebelumnya.

Secara prinsip, perangkat lunak merupakan pengejawan tahan dari berbagai ide yang ada di kepala setiap manusia (programmer) ke dalam sebuah lingkungan teknis berbasis komputer.

Sehingga kebanyakan orang beranggapan bahwa tidak ada salahnya jika ide maupun hasil pengolahannya dapat diberikan dan disebarluaskan kepada siapa saja yang membutuhkan secara gratis.

Bukankah kehadiran teknologi di dunia ini adalah untulk memudahkan kehidupan manusia dan meningkatkan kualitas kehidupannya?

Sebagai salah satu produk dari berkembangnya lingkungan open source di dunia pemrograman dan pengembangan perangkat lunak,

Linux telah terbukti sebagai sebuah sistem operasi yang stabil dan memenuhi sejumlah kriteria kualitas yang ada.

Dengan konsep pengembangan “dari, oleh, dan untuk komunitas” yang dianut, telah terlihat seberapa besar komunitas yang diuntungkan dengan kehadiran Linux tersebut.

Baca juga : Safelink Blogger

Bagi negara berkembang semacam Indonesia, adanya sebuah teknologi alternatif yang gratis namun memiliki kualitas yang tinggi, merupakan sebuah sumber daya yang tidak ternilai harganya.

Setiap perusahaan atau organisasi yang memakainya akan mendapatkan kesempatan yang baik untuk menciptakan apa yang disebut sebagai keunggulan kompetitif di era globalisasi informasi.

Kehadiran Seri Buku Pintar Linux” ini tidak dapat dipisahkan dari lahirnya Kelompok Studi Linux (Open Source Research Group) di Universitas Ahmad Dahlan, yang diprakarsai oleh sejumlah mahasiswa mutiara-mutiara bangsa yang perduli dengan perkembangan teknologi informasi di tanah air.

Mudah-mudahan kehadiran seri buku ini dapat memberikan kontribusi positif bagi perkem- bangan teknologi informasi di Indonesia, disamping menambah khazanah pustaka karya para putera bangsa.

Tulis Komentar

Komentar