dalam Kesehatan

Buah jambu merah adalah jenis jambu biji yang diperkirakan berasal dari Amerika Tengah, Amerika Selatan, Meksiko dan Kepulauan Karibia. Kemudian, tanaman ini menyebar ke daerah-daerah tropika di berbagai belahan dunia. Jambu ini dikenal pula dengan nama jambu klutuk atau jambu batu dengan berbagai variasi yakni salah satunya adalah jambu merah.

Masyarakat Indonesia bisa dibilang sangat suka buah jambu merah ini karena dagingnya lunak dan tebal, berbiji sedikit, rasa manis dan buahnya yang memiliki ukuran besar.

Baca juga: Khasiat Sari Daun Pepaya untuk Demam Berdarah Dengue

Kandungan yang dimiliki oleh jambu merah ini sangat banyak dan bermanfaat. Beberapa manfaat buah jambu merah ini terutama antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Jambu merah dapat meningkatkan kadar trombosit di dalam darah sehingga efektif mengatasi penyakit demam berdarah.
  2. Jambu merah berwarna cerah kaya akan kandungan likopen. Likopen adalah salah satu senyawa fitonutrien atau fitokimia yang berperan sebagai antioksidan yang melindungi kesehatan tubuh.
  3. Kandungan vitamin A, vitamin C dan Mineral serta zat lainnya dalam buah jambu merah sangat diperlukan oleh tubuh agar tetap aktif dan prima. Kandungan vitamin C pada buah ini bahkan 5 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan buah jeruk. Vitamin C pada buah jambu merah terdapat pada kulit dan daging buahnya.
  4. Fiber pada jambu biji membantu mencegah kanker saluran cerna serta menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Manfaat Buah Jambu Merah Untuk Demam Berdarah (DBD)

Baik daun ataupun jambu bijinya sama-sama memiliki manfaat untuk mencegah dan menurunkan gejala penyakit demam berdarah. Ekstrak daun jambu merah dapat menghambat perkembangan virus Dengue yang adalah penyebab penyakit DBD. Bahan tersebut dapat meningkatkan trombosit darah hingga 100.000 mm2 tanpa efek samping.

Nah, Anda yang ingin mencoba ramuan tersebut dapat mencoba salah satu dari kedua cara berikut ini:

1. Ramuan Dengan Buah Jambu Merah

  • Sediakan 3 buah jambu merah yang sudah matang dan mengkal. Kemudian, cuci bersih.
  • Blender hingga halus jambu yang matang sampai seperti jus jambu. Lalu, saring.
  • Jus jambu merah ini dapat diminum dengan frekuensi 3 kali sehari sampai penyakit demam berdarah yang diderita sembuh.
  • Sementara itu, jambu merah yang mengkal bisa dimakan langsung bersama kulitnya juga. Namun, biji-biji buah tersebut jangan dimakan karena bisa mengakibatkan penyakit usus buntu.

2. Ramuan Dengan Daun Jambu Merah

  • Sediakan 1 kg daun jambu merah yang masih segar. Cuci bersih dan potong kecil-kecil rajang.
  • Potongan daun jambu merah tersebut dapat di blender sampai halus, saring dan kemudian endapkan sampai ekstrak daun terpisah dari airnya.
  • Oven ekstrak daun yang telah dipisahkan tersebut supaya tahan lama.
  • Ekstrak tersebut kemudian dimasukkan ke dalam kapsul dan minum 2 kali sehari yakni pada pagi hari dan sore hari.
  • Atau minum ekstrak daun dengan sirup jambu merah. Takarannya adalah 1 sendok teh untuk 1/2 liter sirup jambu merah yang telah diencerkan. Minum secara rutin dan teratur sampai sembuh.

Kandungan-kandungan ini telah diteliti pula oleh Fakultas Kedokteran UI, Fakultas Farmasi UNAIR Surabaya dan juga BPOM. Ekstrak daun jambu merah sedang dikembangkan menjadi obat antivirus demam berdarah dengue.

Baca juga: Kulit Mulus Dengan Ramuan Jeruk dan Madu

Selain itu, kandungan gizi lainnya yang bermacam-macam tentunya bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Sebagai informasi, baik buah, daun dan kulit batang pohon jambu merah memiliki kandungan yang bernama tannin.

Daun jambu biji pada khususnya memiliki kandungan bermacam jenis asam seperti misalnya asam ursolat, kratogolat, oleonolat, psidiolat dan guajaverin. Harga buah jambu merah juga terjangkau dan cukup mudah ditemukan sehingga kita pasti tidak akan melewatkan berbagai manfaat jambu merah untuk demam berdarah ini!

Tulis Komentar

Komentar