dalam Biologi

Garam biasa dicampurkan dalam makanan  atau masakan biar sedap dan enak tapi ada manfaat lain dari garam selain untuk membuat makanan jadi sedap & enak. Seperti untuk :

1. Membuat Putih telur lebih mengembang

Saat mengocok krim atau putih telur, tambahkan sedikit garam. Adonan akan lebih cepat mengembang dan buihnya menjadi kaku serta lembut.

2. Membersihkan panci

Untuk menghilangkan lemak pada panci, wajan, atau panggangan yang terbuat dari cast-iron, tuang saja garam ke atasnya, lalu lap dengan tisu dapur. Noda yang melekat di panci berbahan enamel juga dapat dienyahkan dengan garam. Isi panci dengan air garam dan biarkan semalaman. Esoknya, masak air tersebut agar noda hilang.

3. Mencegah warna cokelat pada buah

Apel dan kentang yang sudah dipotong mudah kecokelatan warnanya. Untuk mencegahnya, rendam  dalam air garam. Bilas air bersih sebelum buah digunakan.

4. Menghilangkan bau dari talenan kayu

Taburkan garam yang butirannya kasar ke atas talenan, lalu gosok dengan irisan lemon. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan keringkan.

5. Menguji kesegaran telur

Campurkan 2 sendok teh garam dengan 1 gelas air. Tempatkan telur di dalamnya. Telur yang sudah tidak segar akan mengambang di permukaan air garam.

6. Mencerahkan warna tembaga, kuningan, dan timah

Buat adonan dari campuran masing-masing 1 sendok makan garam, cuka, dan tepung. Gosokkan ke peralatan yang terbuat dari tembaga, kuningan, atau timah. Setelah itu, rendam dalam air hangat berisi sabun. Gosok dengan kain lembut hingga cerah dan mengilap.

7. Menghapus noda kopi atau teh

Isi cangkir atau teko dengan 1/4 cup garam dan es batu yang banyak. Putar-putar cangkir atau teko agar garam dan es batu dapat menggosok noda kopi atau teh. Diamkan 30 menit, lalu bilas dengan air dingin.

**Berbagai sumber/

Tulis Komentar

Komentar