dalam Sosial

Ada hal yang membedakan antara zaman Sekolah dasar, Sekolah Menengah sampai Sekolah atas. Selain umur yang bertambah dan warna celana yang berbeda, ada lambang yang baru di saku seragam putih kita. Itu adalah lambang Organisasi Siswa Intra Sekolah yang akrab kita kenal dengan OSIS.

OSIS sendiri adalah oraganisasi yang menjembatani antara siswa dengan sekolah sebagai wadah aspirasi siswa juga berkontribusi lebih untuk sekolah . Ada banyak manfaat jika kita menjadi pengurus OSIS di sekolah kita. berikut saya paparkan beberapa manfaat menjadi pengurus OSIS :

1. Melatih kepemimpinan

OSIS sendiri merupakan salah satu sarana di sekolah untuk melatih jiwa kepemimpinan. Kita dilatih agar menjadi seorang pemimpin yang baik. Pelatihan ini biasanya dilakukan dengan adanya pelatihan – pelatihan yang merupakan program kerja OSIS itu sendiri serta mendapat bimbingan dari guru. Jadi selain kita belajar di sekolah, saat mengikuti OSIS kita juga mengerti lebih tentang kepemimpinan.

2. Memperkaya pengalaman

Saat kita mengikuti suatu organisasi, pastilah pengalaman lebih yang akan kita dapatkan. Pengalaman itu sendiri akan membantu kita dalam tahap pendidikan atau di jenjang yang selanjutnya. OSIS sendiri memiliki program kerja yang beraneka ragam di tiap – tiap sekolah. Contoh program kerja yang bisa dipastikan adalah setiap OSIS di sekolah manapun pasti mengagendakan untuk menjadi panitia di setiap acara yang diselenggarakan oleh sekolah.

Saat kita menjadi panitia ini adalah pengalaman yang sangat berharga. Dimana kita bekerja sama agar acara berjalan sukses dan lancar dengan segala halangan dan rintangan yang ada. Hal ini akan menjadi pengalaman yang sangat berharga dan pasti akan bermanfaat bagi kita.

3. Tempat Mengeksperikan diri

Dalam OSIS juga bisa menjadi tempat mengekpresikan diri. Kita yang mempunyai bakat dan passion bisa megembangkanya di OSIS. OSIS sendiri terbagi menjadi beberapa bidang yang berbeda – beda. Kita bisa mengembangkan bakat kita di bidang yang ada.

Contohnya jika kita suka melukis, menggambar dan musik, kita bisa bergabung ke bidang kreasi seni. Dengan demikian bakat yang ada didalam diri kita bia berkembang, serta hasil – hasil dari perkembangan itu juga akan dilihat oleh sekolah dan siswa lainya.

4. Lebih dikenal oleh lingkungan sekolah

Sebagai satu – satunya organisasi yang merupakan jembatan antara sekolah dan siswa, otomatis menjadikan OSIS sebagai organisasi yang pasti seluruh lingkungan tahu. Dari mulai kepala sekolah dan wakil – wakilnya, pihak guru, siswa siswi bahkan sampai caraka disekolah pun tahu.

Hal ini menjadi sisi positif bahwa dengan menjadi pengurus OSIS, seluruh lingkungan sekolah akan lebih mengenal kita dan kita sudah memeliki ruang di hati mereka. Ini dikarenakan OSIS selalu aktif di acara yang diadakan sekolah, sering terlihat saat sedang melukan tugas – tugasnya dan yang paling penting, karena kita adalah Organisasi kepercayaan sekolah dan juga siswa – siswa.

5. Memiliki Keluarga di sekolah

Organisasi adalah kumpulan beberapa individu yang memiliki tujuan yang sama. keberadan teman yang memiliki tujuan yang sama ini menjadikan kita merasa lebih dekat antara satu sama lain.

Sering bertemu saat rapat, mengadakan kumpulan serta menjalankan suatu event bersama – sama dan tak jarang juga ada konflik yang terjadi, membuat ikatan batin menjadi lebih dekat dan kuat seperti keluarga.Jadi selain mendapatkan pelajaran tentang keorganisasian, kita juga mendapatkan keluarga kecil di organisasi ini.


Itulah beberapa Manfaat Menjadi Pengurus OSIS. Jadi bagi kalian yang masih dijenjang sekolah menengah atau atas dan ingin selangkah lebih depan dengan yang lainya, menjadi pengurus OSIS adalah salah satu jalanya.

Tulis Komentar

Komentar