dalam Sekolah

Banyak alasan kenapa seseorang tidak diterima di sekolah tinggi penerbangan Indonesia walaupun mempunyai keinginan kuat. Selain mundur karena biaya tinggi, kegagalan menempuh tes masuk juga merupakan salah satu penyebab. Memang, menjadi pilot itu tidak mudah, perlu karakter dan kecerdasan yang lebih, karena itu, tidak sembarang orang yang bisa menjadi pilot.

Apa saja tes yang dilakukan saat akan masuk ke sekolah tinggi penerbangan di Indonesia? Inilah tahapan-tahapannya:

  1. Pemeriksaan kesehatan
    Semua fungsi tubuh diperiksa dengan seksama dan teliti, mulai dari tes darah, urine, gigi, penglihatan, pendengaran, dan organ dalam.
  2. Tes bahasa
    Biasanya tes Bahasa Inggris seperti TOEFL. Seorang pilot harus mampu menguasai Bahasa Inggris.
  3. Tes psikomotor, matematika, fisika dasar
    Tes yang menguras otak dan logika dari para calon. Tes dilakukan di layar sentuh tanpa corat-coret.
  4. Psikotes
    Tes mengenai kepribadian, IQ, dan kondisi mental dari para calon murid.
  5. Wawancara
    Merupakan tes yang biasanya paling sulit dan ditakuti oleh para calon kadet. Di sini, para calon akan di wawancara langsung oleh kepala sekolah, dan terkadang oleh maskapai, jika sekolah mempunyai program afiliasi.

Itulah prosedur tahapan tes yang biasanya dilakukan di sekolah tinggi penerbangan Indonesia. Tergantung dengan kebijakan dari sekolahnya, setiap tempat bisa mempunyai variasi yang berbeda-beda, namun secara umum, itulah tes yang akan dihadapi para calon kadet. Sekolah seperti Fly Perkasa Flight School juga menerapkan hal yang serupa bagi para calon siswanya.

Tulis Komentar

Komentar