Segudang Kelebihan Mebel Jepara yang [Mendunia]

4.93/5 (27)

SEOCrypt.com – Jepara mempunyai segudang potensi untuk dikembangkan dan dipamerkan di tingkat internasional. Di antara potensi tersebut adalah sebagai Kota Ukir dengan mebel jepara-nya yang mempesona, kota penyandang gelar The World Carving Center, Bumi Kartini sebagai kota kelahiran pahlawan nasional RA Kartini, Kota Energi dengan adanya PLTU di Jepara yang merupakan pemasok energi listrik untuk Jawa, Bali, dan Madura dan menjadi PLTU terbesar di ASEAN, Selain itu Jepara juga sebagai Kota Fashion dengan adanya sentra tenun ikat di Troso, Kota Perhiasan dengan adanya sentra kerajinan monel di Kriyan dan perhiasan emas di Margoyoso.

Masa Kejayaan Mebel Jepara

mebel jepara

Menurut buku sejarah Dinasti Tang (618-906 M) tertulis pada 674 M musafir asal Tionghoa bernama I-Tsing mengunjungi Negeri Holing atau Kerajaan Kaling atau Kalingga, di Keling (bagian timur Jepara). Kerajaan tersebut dipimpin Ratu Shima yang dikenal sangat tegas.

Dalam perjalanan sejarah, Jepara pernah dipimpin oleh ratu pertapa cantik yang bernama Ratu Retno Kencono atau Ratu Kalinyamat.

Pada waktu pemerintahan Ratu Kalinyamat (1549-1579), Jepara dapat berkembang sangat pesat menjadi bandar niaga utama di pantai utara Jawa, bandar niaga utama ini melayani impor hingga ekspor ke penjuru dunia. Dalam rentang sejarah hingga pengujung 2014, Jepara masih dikenal sebagai penghasil mebel (garden furniture) kualitas ekspor dan mebel ukir terbaik berkelas internasional.

Kelebihan Mebel Jepara

Hampir 500 tahun mebel jepara tetap unggul dan tidak mudah tergeser oleh furniture lain, ini dikarenakan mebel jepara dibuat dengan bahan berkualitas tinggi dan mempunyai desain ciamik yang membuatnya berbeda dan disukai banyak orang.

Segudang kelebihan memang dimiliki jenis furnitur yang satu ini. Keunggulan Mebel Jepara dapat kita lihat dari berbagai sisi, mulai dari ciri khas ukirannya, bahan kayu yang digunakan, hingga desain dan ukirannya yang menarik.

  1. Lebih awet karena kayu jati yang berkualitas selalu menjadi material unggulan dalam pembuatan Mebel Jepara sehingga memiliki daya tahan yang tak diragukan lagi. Mebel Jepara berbahan Kayu Jati umumnya tetap awet digunakan hingga jangka waktu puluhan tahun. Meski harganya relatif mahal, Mebel Jepara adalah produk terbaik yang nyaman, kokoh, dan proporsional untuk mengisi furnitur di ruangan Anda.
  2. Cocok digunakan untuk beragam gaya dekorasi mulai dari gaya minimalis, klasik, neo-klasik, hingga gaya modern yang elegan yang sedang ngetrend saat ini. Sentuhan tradisional Mebel Jepara akan tetap terlihat anggun untuk gaya dekorasi apapun. Anda hanya perlu memadukannya dengan warna dan unsur-unsur lain yang ada dalam ruangan.
  3. Tersedia berbagai pilihan grade yang sesuai dengan budget dan kebutuhan untuk Anda tidak perlu bingung dalam memilih produk Mebel Jepara karena terdapat beberapa grade yang bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan, antara lain Grade A, B, dan C. Mebel Jepara Grade A merupakan kategori dengan kualitas terbaik. Dibuat dengan sangat teliti, dan dengan hasil finishing yang mengagumkan. Mebel Jepara Grade A tentunya memiliki kualitas dan harga rata-rata yang paling mahal dibandingkan dengan grade B maupun grade C.
  4. Mebel jepara memiliki corak ukiran yang khas kayu jati yang menjadi bahan utama pembuatan Mebel Jepara merupakan jenis kayu terbaik di Indonesia yang kuat, tahan lama, dan mudah dibuat ukiran. Akan tetapi ukiran yang terdapat pada Mebel Jepara memiliki corak yang khas dan tidak terdapat pada produk mebel lainnya. Corak ukiran pada Mebel Jepara dibuat secara handmade oleh para perajin profesional. Setiap ukirannya memiliki nilai seni yang tinggi bahkan sudah terkenal hingga mancanegara.
  5. Mebel jepara memiliki tampilan yang elegan dan berkelas pembuatan mebel jepara diproses dengan standar yang tinggi, mulai dari bahan baku yang dipakai, pemotongan, produksi sampai dengan finishing, semua dikerjakan secara cermat dan teliti. Hal inilah yang membuat Mebel Jepara selalu tampil berkelas dan elegan meski ditempatkan pada desain ruangan bergaya apapun.
  6. Tahan air dan anti rayap karena umumnya furnitur berbahan kayu akan mudah rusak bila sering terkena air atau diserang rayap. Tetapi tidak demikian halnya pada Mebel Jepara karena dibuat menggunakan bahan kayu jati yang dalam serat kayunya memiliki kandungan minyak alami. Kandungan minyak alami tersebut membuat Mebel Jepara Kayu Jati lebih tahan air dan tahan pula dari serangan rayap.

Mebel Jepara Tetap yang Terbaik

Dari berbagai kelebihan mebel jepara tersebut sangat layak mebel jepara dapat eksis hingga hampir 5 abad dan sukses menghantarkan Kota Jepara sebagi The World Carving Center.

Suka artikel ini?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − six =