dalam Kesehatan

Olahraga merupakan suatu kegiatan yang sangat berguna untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Bukan hanya itu, penelitian terbaru menunjukkan jika dengan melakukan olahraga ringan seperti jogging kira-kira satu jam tiap minggu atau berjalan sekitar tiga jam dapat menghambat adanya penyakit batu ginjal sampai 31 persen.

Hasil studi ini dilakukan dari data sekitar 84.000 wanita yang sudah masuk dalam masa menopause. Olahraga ringan yang mereka lakukan menunjukkan bahwa aktifitas tersebut dapat menghambat bahkan mencegah adanya penyakit batu ginjal.

Dr Mathew Sorensen selaku penulis dalam studi dari University of Washington School of Medicine ini mengatakan bahwa dengan melakukan olahraga ringan saja dapat mencegah adanya penyakit ini. Tidak dengan berolahraga berat atau terlalu sering.

Selama ini penyakit ini lebih banyak menyerang kaum wanita. Peneliti akhirnya mendapatkan bahwa batu ginjal merupakan karena adanya masalah sistemik, jadi tidak hanya terjadi ada masalah dengan ginjal saja. Batu ginjal juga mempengaruhi kesehatan organ tubuh lain dan beberapa penyakit lainnya yakni diabetes, obesitas, sindrom metabolisme, dan sakit jantung.

Dari hasi tersebut dikemukakan bahwa obesitas menjadi faktor risiko seseorang dengan penyakit ini. Dengan makanan dengan kandungan lebih dari 2.200 kalori per hari dapat menambah adanya risiko terjadinya penyakit ini sekitar 42 persen.

Setelah melihat adanya hubungan faktor risiko seperti pada berat badan dan kalori yang dikonsumsi tiap harinya. Mereka mengatakan bahwa dengan melakukan olahraga ringan merupakan salah satu hal yang penting dan efektif dalam menjaga kesehatan tubuh dan mencegah adanya penyakit ini.

Namun bagaimana pun, para peneliti ini masih harus melakukan studi dengan hasil yang lebih pasti dan dalam waktu yang cukup lama agar memastikan dan menemukan hasil yang terbaik dari melakukan olahraga ringan terhadap penyakit batu ginjal tersebut.

Tulis Komentar

Komentar