dalam Doa

Niat Puasa dan Do’a Berbuka Puasa Ramadhan

Niat Puasa dan Do’a Berbuka Puasa Ramadhan – Indahnya dalam agama Islam segala sesuatu ada aturan dan panduannya dari mulai kita bangun tidur sampai kita tidur lagi. Berbagai macam do’a di dalam setiap hal yang semata-mata hanyalah untuk kebaikan bagi kita sendiri. Berbicara masalah do’a-do’a yang begitu banyaknya berhubung kita sudah dekat dengan bulan puasa kali ini kita bahas Do’a Puasa dan Berbuka Puasa jadi ketika kita sampai pada waktunya kita bisa langsung hafal. Tidak menutup kemungkinan jika ada yang sudah tahu do’a tersebut tapi tidak ada salahnya dan tidak akan menjadi dosa jika kita mempelajarinya kembali bukan?

Semoga saja do’a yang akan kita bahas kali ini bisa menjadi ilmu bagi kita dan semoga kita termasuk orang yang beriman yang memiliki banyak ilmu karena alangkah bahagianya orang yang memiliki ilmu yang tinggi karena dalam segala aktivitasnya tidak terlepas dari ‘ibadah dan tentunya derajatnya lebih tinggi karena ilmu dan keimanan yang dimilikinya tersebut. Sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Mujaadilah ayat 11 yang artinya : Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.

Puasa adalah ibadah yang sangat terjamin kerahasiaannya karena hanya Allah dan dia (yang berpuasa) yang dapat mengetahui bahwa dirinya sedang berpuasa. Sebagaimana yang telah kita sebutkan tadi bahwa semua hal dalam Islam ada aturannya sudah pasti dalam berpuasa juga ada cara-caranya selain kita harus mengetahui syarat-syaratnya atau apa saja yang dapat membatalkannya, kita juga harus tahu do’anya.

Niat Puasa

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitu shauma ghadin ‘an adai fardhi syahri ramadhana hadzihi sanati fardhallillahi ta’ala”

Artinya : aku berniat puasa esok hari menunaikan kewajiban Ramdhan tahun ini karena Allah Ta’ala

Niat adalah penentu dari segala sesuatu yang akan kita kerjakan Rasulullah SAW bersabda yang artinya sesungguhnya segala amal itu (diterima atau tidaknya) tergantung pada niatnya. Oleh karena itulah niat adalah hal yang paling penting setiap kali kita melakukan sesuatu terlebih lagi niat puasa pada bulan Ramdhan merupakan salah satu rukun puasa yang tidah boleh ketinggalan.

Do’a berbuka puasa

َللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

“Allahumma laka shumtu wabika aamantu wa’ala rizqika aftartu birohmatika yaa arhama raahimiin”

Artinya : Ya Allah bagi engkau aku berpuasa dan dengan engkau aku beriman dengan rezeki engkau aku berbuka dengan rahmat engkau wahai yang maha pengasih lagi maha penyayang.

Tulis Komentar

Komentar