dalam Gadged

Pembersih Android Tanpa Iklan – Jaman sekarang, salah pilih itu bisa berakibat fatal. Salah pilih pacar misalnya. Alih-alih jadi bahagia, hidup kamu malah bisa jadi makin tertekan. Salah pilih pembersih muka aja bisa bikin jerawat kumpul arisan di muka kamu kok. Terus gara-gara jerawat banyak, pacar jadi nggak mau nyium lagi. Terus kamu diputusin. Fatal tuh.. Fatal!

Nah, pilih-pilih pembersih Android juga sama. Pakai app yang salah, Android kamu bisa lemot dan komunikasi kamu sama pacar juga ikut lemot. Akhirnya pacar males chatting sama kamu, terus kamu diputusin. Fatal tuh.. Fatal!

So, kali ini kita bakal ngomongin tentang aplikasi-aplikasi pembersih android, biar kamu nggak salah pilih.

App Pembersih Palsu & Task Killer

Nggak bisa dipungkiri, banyak app yang mengklaim bisa membersihkan Android kamu dari file-file yang nggak penting. Sebagian malah bilang bisa bikin Android kamu makin ngebut. I’ll let you in on a little secret: app jenis gini biasanya scam dan malah mengandung malware yang bikin Android kamu jadi lemot dan nggak aman.

App-app jenis “speed up your Android” ini sebenarnya adalah task killer. Yang berfungsi untuk ‘membunuh’ proses yang sedang berjalan di RAM ponsel kamu. Ceritanya sih, dengan lebih banyak RAM yang kosong, Android kamu bisa berjalan lebih cepat. Nyatanya? Sama sekali nggak! Salah-salah, Android kamu malah makin lemot karena harus loading ulang proses yang diperlukan.

Android memang didesain untuk memanfaatkan RAM semaksimal mungkin. Segala cerita tentang RAM penuh bikin lemot sebenarnya cuma hoax. Android bahkan cukup pintar mengelola RAM dan mengatur aplikasi mana yang membutuhkan RAM lebih dulu.

Jadi, App Pembersih Apa Yang Recommended?

Tenang, kamu tetap bisa bikin Android kamu lebih ringan dan responsif dengan membersihkan file-file besar, cache dan log yang memang tidak diperlukan. Ada beberapa app yang bisa kamu coba untuk tugas-tugas ini. Berikut beberapa rekomendasi dari Mimin:

Clean Master

Clean Master adalah aplikasi Android cleaner yang paling populer saat ini. Aplikasi ini memang salah satu yang terbaik di kategori ini. Fiturnya juga lengkap banget. Clean Master bisa menghapus junk files di Android kamu. Nggak cuma itu, app ini juga bisa bikin Android kamu lebih optimized ketika kamu main game-game yang disupport Clean Master. Caranya adalah dengan ngasih alokasi RAM dan kapasitas penyimpanan sementara lebih besar ke game-game itu.

Android kamu sering panas? Clean Master punya fitur yang bisa bantu kamu mendeteksi apps apa saja yang banyak menggunakan processor. Kamu jadi tahu, app mana yang bikin Android kamu cepat panas. Kalau memang app tadi nggak terlalu sering kamu pakai, kamu bisa nonaktifkan sekalian.

CCCleaner

Kamu yang suka uprek-uprek Windows pasti kenal deh sama CCCLeaner. App pembersih ini memang legendaris, jadi kemampuannya nggak perlu diragukan lagi. CCCLeaner punya tampilan yang sedikit lebih jadul dibanding Clean Master, tapi itu bukan berarti dia ketinggalan jaman. Developer di balik CCCLeaner lebih suka fokus ke maksimalin fungsi app ini sampe titik darah penghabisan. Merdeka!

Kalau kamu perlu menghapus cache di Android kamu, atau membersihkan memory kamu dari segala peninggalan mantan….err, maksudnya dari file-file yang nggak diperlukan lagi, CCCleaner ini juaranya. Sekali tap, bersih semuanya.

Kamu punya rekomendasi aplikasi lain nggak?

Tulis Komentar

Komentar