dalam Kesehatan

Penyebab dan Cara Mengobati Asam Lambung

Asam lambung adalah salah satu senyawa kimia yang terdapat pada lambung dengan komposisi kurang lebih o,5 persen dari total cairan atau getah yang berada di lambung.

Asam lambung berfungsi sebagai bahan untuk membunuh kuman yang ada di dalam lambung selain itu juga mengubah pepsinogen menjadi pesin.

asam lambung

Asam lambung juga sangat berguna bagi pencernaan makanan pada usus, hati dan pankreas. Jika kadar asam lambung dalam lambung tinggi hal ini akan menyebabkan penyakit asam lambung.

Selain membunuh berbagai kuman yang masuk dalam lambung, asam lambung juga memiliki manfaat mempercepat reaksi yang terjadi antara air, protein dan pepsin. Lambung selain memiliki asam lambung juga memiliki lendir yang terdapat pada lambung yang bertugas melindungi lambung.

Jika jumlah lendir tersebut lebih sedikit akan menyebabkan asam lambung menjadi naik kadarnya. Sehinggga menyebabkan magh. Magh ini sering mengganggu kegiatan sehari hari dan menyebabkan nafsu makan berkurang.

Baca juga:
Tips Hidup Sehat walau Banyak Aktivitas

Penyebab Penyakit Asam Lambung

Penyakit asam lambung di sebabkan oleh kondisi dimana asam lambung yang kadarnya naik dalam lambung. Asam lambung yang tinggi di sebabkan oleh hal berikut ini :

  • Adanya kelainan perut yang disebut hernia hiatus. Hal ini menyebabkan gerak diafragma otot yang memisahkan perut dan dada yang menjaga asam lambung tidak naik kekerongkongan. Jika memiliki penyakit ini maka asam lambung bisa naik kekkerongkongan
  • Dalam perlu terdapat katup yang berbentuk cincin yang sering disebut dengan LES. Jika les ini tak baik dalam bekerja menutup atau membukanya juga menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan.

Penyebab Asam Lambung Tinggi

Asam lambung tinggi juga di sebabkan oleh beberapa faktor. Pada umumnya faktor tersebut adalah kesalahan dalam pola konsumsi makanan. Berikut adalah hal yang mempengaruhi asam lambung yang tinggi:

  • Kelebihan berat badan
  • Makan makanan yang berat dan tidur setelah makan
  • Makan makanan pedas dan berlemak terlalu berlebihan
  • Minum minuman beralkohol
  • Merokok
  • Konsumsi aspirin, obat tekanan darah atau ibuprofen
Baca juga:
Cara Menyimpan Obat yang Benar

Penyakit asam lambung juga bisa berpotensi untuk menyebabkan penyakit lain yang lebih parah pada tubuh. Kadar asam yang terlalu tinggi pada lambung bisa menyebabkan dinding usus semakin tipis dan tergerus.

Baca juga: Cara Sederhana Membersihkan Ketiak

Hal ini menyebabkan radang, iritasi pada dinding usus. Jika hal ini di biarkan berlama-lama akan menyebabkan penyakit kronis bahkan kanker pada lambung.

Oleh karena itu jika terjadi gejala seperti kembung, mual, cegukan, tinja yang berdarah dan sendawa yang tidak keluar perlu di perhatikan. Bisa saja hal ini jika terus menerus adalah pertanda asam lambung yang kronis.

Jika hal ini terjadi sebaiknya segeralah konusltasi dokter untuk penanganan lebih lanjut

Tulis Komentar

Komentar