dalam Ideas, Life style

Sekarang ini kalau saya sarankan, mendingan kalian jangan buka-buka situs jual-beli tiket atau semacamnya deh, bahaya, menguras dompet. Karena apa? Sekarang ini ke luar negeri (keliatan) nggak semahal dulu. Kalau dulu kan gitu, kayaknya kalau ke luar negeri boros uang banget. Sekarang, tiketnya murah-murah lho. Ada yang sejuta udah bisa ke Negara tetangga selama tiga hari dua malam, plus nginep pula, murah kan?

Eitsss, tapi jangan senang dulu. Niatmu berlibur ke luar negeri bisa gagal lho kalau kamu nggak punya paspor. Dan masalahnya, buat dapetin passport itu nggak gampang, ada prosesnya dan prosesnya lumayan panjang. Salah satunya interview.

Nah, jika permohonan paspor ditolak cobain tips dibawah ini saat interview::

1. Siapkan Berkas-Berkas

Dalam wawancara passport, data-data kalian akan dicocokan dengan data yang telah kalian daftarkan di website (kalau daftar bikin passport-nya via online). Biar nggak repot, tiap berkas difotokopi minimal tiga kali. Karena kalau enggak, nanti di sananya repot buat ngantre fotokopi. Dan jangan lupa, bawa map.

2. Datang Lebih Pagi

Saat datang wawancara, datanglah lebih pagi. Karena kalau kalian datengnya rada siang dikit aja, bisa-bisa mulai ngantrenya pukul 9 pagi, diwawancaranya pukul 12 siang.

Tapi ingat, datang paginya jangan yang terlalu ekstrim, misal: datang subuh-subuh, trus ke rumah si pewawancara buat ngejemput dia. Jangan pokoknya.

3. Dandan Rapih

Karena nanti setelah wawancara bakalan foto buat passport, kalian harus pakai pakaian rapih. Biar enak juga dilihatnya. Lebih baik berkemeja.

4. Bawa Uang Lebih

Jangan lupa, bawa uang lebih. Karena nanti di sana bakalan ada biaya ini dan biaya itu. Kalau lupa, ya boros waktu.

5. Jawablah Sebaik-baiknya

Tenang saja, pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan oleh si pewawancara nggak yang sulit-sulit kok, bukan nanya yang kayak, “Apa bahan piring yang digunakan oleh keluarga di cover kaleng Khong Guan?”. Palingan dia cuma nanya, “Mau ke mana? Ngapain? Sama siapa?” gitu-gitu aja kok.

Ada yang dalam waktu dekat pengin bikin passport? Atau pernah bikin passport? Yuk, berbagi tipnya di kolom komen.

Tulis Komentar

Komentar