dalam Doa

Persiapan Menjelang Bulan Ramadhan – Tak terasa ramadhan tinggal menghitung hari. Sudah sampai mana persiapan anda menjelang bulan puasa? Di Indonesia, banyak tradisi yang dilakukan sebelum melaksanakan ibadah puasa, seperti munggahan untuk daerah Jawa Barat, nyorog di Betawi dan masih banyak lagi. maka tak jarang masyarakat Indonesia yang berada di perantauan pulang ke kampung halaman mereka hanya untuk berkumpul bersama keluarga menyambut datangnya blan Ramadhan.

Itu semua hanyalah tradisi sebagai ungkapan kebahagian menyambut bulan yang penuh berkah. Yang sebenarnya harus dipersiapkan ketika menjelang bulan puasa adalah fisik dan mental kita dalam menjalankan ibadah tersebut.

Hal pertama yang dilakukan untuk menyambut bulan Ramdhan adalah dengan memperbanyak doa agar kita dipertemukan kembali dengan bulan yang penuh dengan ampunan ini. Tak hanya itu kita juga harus memohon agar di beri kekuatan dan kesabaran dan pertolongan selama menjalankan ibadah puasa nanti.

Kedua kita juga harus mensucikan diri dari berbagai dosa dan khilaf kita dengan melakukan taubat nasuha. Masyarakat kita biasanya melakukan acara kuramasan ketika menjelang bulan puasa. Hal ini dlakukan untuk saling memaafkan dan membersihkan jiwa dari kesalahan dan dosa antar sesama manusia.

Ketiga, kita harus mempersiapkan jiwa kita dengan melakukan amal sholeh. Misalnya puasa sunnah Senin-Kamis untuk latihan mental saat melasanakan ibadah ramadhan nanti. Tak hanya itu ibadah yang lainnya juga seperti sholat lima waktu, sholat duha, dan sholat tahajud. Dengan meningkatkan ibadah kita menjadi lebih mudah saat menjalani ibadah puasa nanti. Tetapi kebiasaan ini tidak boleh berhenti sampai bulan ramadhan saja, tetapi terus berlangsung sampai bulan-bulan berikutnya.

Keempat kita juga harus mempersiapkan ilmu dan pengetahuan tentang agama terutama tentang ibadah puasa yang akan dijalankan. Hal ini dimaksudkan agar kita tidak salah melangkah saat proses ibadah tersebut. dengan begitu, kualitas ibadah kita menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

Tulis Komentar

Komentar