Persiapan e-Government

6 Tahap Persiapan Menuju e-Government

5/5 (2)

Persiapan e-Government

Dalam membangun e-Government, terdapat enam hal pokok yang harus dipersiapkan oleh pemerintah berkaitan dengan berbagai infrastruktur serta strategi pendukungnya.

Enam hal pokok persiapan e-Government tersebut disajikan dalam bentuk pertanyaan di bawah ini:

Data Infrastruktur Siap?

Kesiapan ini meliputi manajemen sistem, dokumentasi dan proses kerja di tempat untuk menyediakan kuantitas dan kualitas data yang berfungsi mendukung menuju e- Government.

Kemampuan mendokumentasi adalah bagian dari ISO 9000, dan juga menjadi bagian dari standar software engineering.

Di beberapa negara, kualitas data dan keamanan data – sebagai contoh, sangat mininm dan hanya sebagian kecil mesin yang berfungsi untuk ini.

Sudah Siapkah Infrastruktur Legal?

Adalah hukum dan peraturan-peraturan termasuk berbagai perizinan untuk mendukung menuju e- Government. Di beberapa negara, sebagai contoh, tanda tangan digital belum bisa diterima

Sudah Siapkah Infrastruktur Institusional?

e-Government hanya bisa maju jika insticusi peme- rintahan secara sadar eksis melakukan dan memfokuskan tujuannyadalam membangun eGovernment.

Koordinasi yang baik perlu dilakukan, terutama organisasi pemerintah yang berkompeten. Di beberapa negara, terdapat kekurangan koordinasi institusi untuk memimpin dan mengendalikan e-Government.

Infrastruktur Manusia Siap?

Hal ini mencakup sikap, pengetahuan dan skill, terutama di antara staf organisasi pemerintahan, yang diperlukan untuk implementasi dalam mendukung inisiatif e-Government.

Sumber Daya Manusia yang handal dan budaya data sbaring merupakan hal pokolk yang harus dipersiapkan.

Pada beberapa negara keku- rangan pada sektor ini, akhirnya mengakibatkan munculnya proyek yang dikerjakan oleh vendor dari kalangan bisnis, yang mengandung resiko mempe i ngaruhi tujuan dari e-Government, misalnya perbedan visi, dan sebagainya.

Infrastruktur Teknologi Siap?

Inisiatif e-Government banyak bertumpu pada hal ini. Mengingat infrastruktur ICT pada beberapa negara berbeda-beda kondisinya, maka implementasi yang ada akhirnya harus disesuaikan dengan kondisi infrastruktur ICT yang tersedia.

Diperlukan strategi-strategi dalam lebih memberdayakan infrastruktur ICT yang sudah ada. Kalau mungkin melakukan penambahan infrastruktur diusahakan seefisien mungkin dan menggunakan skala prioritas yang ketat.

Salah satu contoh yang bagus dari India misalnya, yaitu organisasi pemerintahan dan pihak swasta bekerja sama membangun acess-point pada tempat-tempat yang mudah dijangkau masyarakat umum.

Baca juga : jasa seo semarang

Proyek ini menggambarkan bahwa walaupun pada sebuah komunitas yang minus secara ekomomis bisa dibuat aplikasi e-Government yang bermanfaat.

Strategi Pemikiran dan Kepemimpinan Siap?

Dibutuhkan pemimpin Government dalam agendanya dan mempunyai strategi pemikiran untuk membuatnya menjadi kenyataan. Kepemimpinan bisa mengatasai banyak hambatan operasional.

Kurangnya visi, strategi, kesadaran, pengetahuan, skill, percaya umum terjadi pada staf senior organisasi pemerintahan dalam menyongsong e-Government. diri serta komitmen adalah kekurangan yang

Suka artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × one =