dalam Blog

Tempat Wisata Sukabumi – Keindahan objek wisata di Sukabumi terletak pada wisata alamnya yang menawan. Topografi wilayah Sukabumi berada di dekat kawasan pegunungan, sehingga pemandangannya sangat indah dan memiliki udara yang relatif lebih segar. Kota Sukabumi terletak di kaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango dengan ketinggian mencapai 584 meter dpl dan memiliki suhu maksimum mencapai 29 derajat celcius saja.

Untuk bisa sampai di sejumlah tempat wisata Sukabumi, Anda harus menempuh perjalanan setidaknya 120 km jika Anda beranjak dari Jakarta. Sedangkan jika Anda memulai perjalanan dari Bandung, maka untuk sampai di beberapa titik objek wisata Sukabumi, Anda hanya akan menempuh jarak 98 km saja.

Selain tempat wisata alamnya yang indah. Di Sukabumi, Anda juga bisa menemukan sebuah kawasan kebudayaan yang masih kental dengan adat masa lampau. Bahkan di Sukabumi juga terkenal dengan wisata kulinernya, kuliner yang paling terkenal di Sukabumi antara lain seperti mochi, bubur ayam sukabumi, surabi, dan sebagainya.

Nah bagi Anda yang saat ini berencana untuk liburan seru bersama dengan keluarga, maka Sukabumi memiliki banyak sekali tempat wisata menarik dan memikat untuk Anda kunjungi, mana saja tempat wisata paling memikat di Sukabumi itu? untuk mengetahuinya berikut kami hadirkan 7 tempat wisata Sukabumi yang paling memikat.

1. Kampung Ciptagelar

Jika Anda bertanya mengenai adat Sukabumi sejak jaman dahulu, maka datanglah ke Kampung Ciptagelar. Kampung Ciptagelar adalah kawasan cagar budaya yang terdapat di Kota Sukabumi. Para penduduk di sini masih memegang teguh budaya leluhur dari jaman nenek moyang dahulu hingga sekarang.

Menariknya di Kampung Ciptagelar, Anda akan menemukan sebuah rumah adat Sukabumi yang masih berdiri kokoh dan digunakan para penduduk Sukabumi layaknya sebagai rumah pada umumnya. Penduduk di Kampung Ciptagelar ini disebut dengan Kasepuh. Penyebutan nama ini memacu pada kepemimpinan dalam sebuah komunitas masyarakat yang berasaskan orang tua.
Kampung Ciptagelar beradai di Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Sukabumi. Untuk bisa menuju ke tempat wisata budaya Sukabumi ini, maka Anda harus menempuh perjalanan sejauh 103 km dari pusat kota Sukabumi.

2. Situ Sukarame

Situ Sukarame merupakan sebuah kawasan danau yang berada di Gunung Salak. Karena danau ini dikelilingi dengan perkebunan teh yang sangat besar dan kawasan alam yang memesona, Situ Sukarame menjadi salah satu tempat wisata favorit di Sukabumi oleh para wisatawan domestik.

Adapun kegiatan seru dan menarik yang bisa kita lakukan di Situ Sukarame adalah diantaranya memancing, tersedia ikan-ikan jumbo yang siap melahap habis umpan yang Anda lemparkan. Agar lebih berkesan, Anda juga bisa mencoba bermain selancar. Bukan selancar menggunakan papan, akan tetapi berselancar dengan menggunakan gantungan tali melintasi di atas danau.

Objek wisata alam ini berada di desa Parakansalak, Kec. Parakansalak, Sukabumi. Lokasinya sangat jauh dari keramaian, sehingga bagi Anda yang ingin berlibur dengan ketenangan bisa memilih lokasi ini. untuk bisa masuk ke tempat wisata Situ Sukarame, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 5 rb per orang (dewasa), sedangkan untuk mencoba wahana permainan, Anda akan dikenakan tarif tersendiri.

3. Goa Buniayu

Goa Buniayu ini terletak di Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Sukabumi. Di sini biasanya para wisatawan melakukan berbagai macam kegiatan seru. Yang paling sering dilakukan oleh para wisatawan saat berkunjung ke Goa Buniayu adalah kegiatan caving.

Goa Buniayu juga disebut sebagai goa botol, hal ini terjadi karena jalan masuk kedalam yang sangat sempit dan ketika sampai di dalamnya, Anda akan menemukan ruangan yang sangat luas. Keindahan di dalam Goa Buniayu sangat memesona, antara lain stalaktit dan stalakmitnya. Dan bahkan di dalam Goa Buniayu juga terdapat air terjun dan sungai yang mengalir di bawah tanah. Hal inilah yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke Goa Buniayu.

4. Situ Gunung

Situ Gunung adalah sebuah danau yang berada di bawah kaki Gunung Pangrango. Secara administratif Situ Gunung berada di Kecamatan Kadu Dampit. Untuk bisa menuju ke tempat wisata Situ Gunung, Anda harus menempuh jarak sekitar 16 km dari pusat kota Sukabumi.

Di objek wisata Sukabumi Situ Gunung, Anda bisa menemukan berbagai macam pesona keindahan alamnya, mulai dari udara yang sejuk dan danau yang dikelilingi pepohonan hijau yang rindang. Terlebih Situ Gunung ini berada di ketinggian 970 meter dpl. Sehingga memiliki udara yang sangat sejuk dan segar. Sekitar 4 km dari danau, Anda bisa menemukan sebuah curug (air terjun) yang sangat indah.

Maka tak ayal, Situ Gunung menjadi tempat wisata menarik untuk mnghabiskan waktu liburan bersama dengan keluarga di Kota Sukabumi. Berbagai macam kegiatan dapat Anda lakukan di sana, mulai dari naik perahu mengelilingi danau, memancing dan bahkan bila Anda suka, Anda dapat menjelajahi hutan.

5. Arung Jeram Sungai Citarik

Bagi Anda yang sangat suka dengan olahraga bermain arung jeram atau raftling, maka Sungai Citarik merupakan pilihan destinasi wisata di Sukabumi yang paling tepat. Sungai Citarik terkenal dengan arusnya yang menantang. Sehingga jika Anda bermain raftling di sini, adrenalin Anda akan benar-benar dipacu secara maksimal.

Namun jika Anda masih dalam kategori pemula, di sini juga menawarkan pengajaran singkat mengenai dasar bermain raftling dan bahkan bila Anda berkenan, para ahli raftling akan memandu Anda secara langsung menaklukan medan Sungai Citarik.

6. Pantai Cimaja

Inilah pantai yang menjadi tempat surfing terbaik di Sukabumi. Di Pantai Cimaja ini memiliki ombak setinggi 4 meter dan menjadi tempat surfing paling dekat dari Kota Jakarta.

Pantai Cimanja merupakan kawasan pantai yang berada di Palabuhan Ratu. Pantai Palabuhan Ratu sendiri merupakan kawasan yang paling populer di Sukabumi. Pantai ini begitu luas, sehingga dibagi menjadi beberapa nama pantai yang salah satunya bernama Pantai Cimanja ini.

Di Pantai Cimanja ini sering digelar kompetisi surfing nasional dan bahkan internasional. hal ini terjadi karena ombak di pantai ini sangat ideal. Bagi Anda yang suka berselancar, maka berkunjung ke Pantai Cimanja merupakan pilihan yang paling tepat.

7. Geopark Ciletuh

Terletak di kec. Ciemas, Geopark Ciletuh menjadi kawasan objek wisata memikat di Sukabumi. Geopark Ciletuh menawarkan berbagai macam keindahan, mulai dari pantai, danau, bukit hingga bebatuan purba.

Selain itu di tempat wisata alam Geoparh Ciletuh juga memiliki sejumlah air terjun menawan, antara lain seperti Curug Cimarinjung, Curug Cikanteh, Puncak Manik, dan Curug Ngelay. Untuk bisa sampai di Geopark Ciletuh, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 5 jam dari pusat kota Sukabumi.

Itulah ulasan singkat mengenai 7 tempat wisata Sukabumi yang paling memikat.

Tulis Komentar

Komentar