3 Proses Pembentukan Urine (Filtrasi, Reabsorpsi, Sekresi)

4.83/5 (6)

Proses Pembentukan Urine

Proses Pembentukan Urine – Ginjal menyaring zat-zat yang tidak diinginkan dari darah dan menghasilkan air seni untuk mengeluarkannya.

Ada tiga proses utama pembentukan urine, yakni filtrasi (proses penyeringan), reabsorpsi (penyerapan kembali zat-zat yang masih dibutuhkan) dan sekresi / augmentasi (pengeluaran zat sisa metabolisme).

Ketiga proses tersebut memastikan bahwa hanya limbah dan H2O/ air yang dikeluarkan dari tubuh.

Gambar Skema proses pembentukan urine
Gambar: Skema proses pembentukan urine

Filtrasi

Setiap ginjal mengandung lebih dari 1 juta struktur kecil yang disebut nefron. Setiap nefron memiliki glomerulus, tempat penyaringan darah. Glomerulus adalah jaringan kapiler yang dikelilingi oleh struktur seperti cangkir, kapsul glomerulus (atau kapsul Bowman).

Ketika darah mengalir melalui glomerulus, tekanan darah mendorong air dan zat terlarut dari kapiler ke dalam kapsul melalui membran filtrasi. Filtrasi glomerular ini memulai proses pembentukan urine.

Reabsorsi

Di dalam glomerulus, tekanan darah mendorong cairan dari kapiler ke dalam kapsul glomerulus melalui lapisan sel khusus. Lapisan ini, membran filtrasi, memungkinkan air dan zat terlarut kecil untuk lulus tetapi memblokir sel-sel darah dan protein besar.

Komponen-komponen itu tetap berada di aliran darah. Filtrat (cairan yang telah melewati membran) mengalir dari kapsul glomerulus lebih jauh ke nefron.

Sekresi / Augmentasi

Glomerulus menyaring air dan zat terlarut kecil keluar dari aliran darah. Filtrat yang dihasilkan mengandung limbah, tetapi juga zat lain yang dibutuhkan tubuh: ion esensial, glukosa, asam amino, dan protein yang lebih kecil.

Ketika filtrat keluar dari glomerulus, ia mengalir ke saluran di nefron yang disebut tubulus ginjal. Ketika bergerak, zat yang dibutuhkan dan beberapa air diserap kembali melalui dinding tabung ke kapiler yang berdekatan. Reabsorpsi nutrisi penting dari filtrat ini adalah langkah kedua dalam pembuatan urine.

Komposisi Urine

95% Urine adalah Air, nefron ginjal memproses darah dan membuat urine melalui proses filtrasi, reabsorpsi, dan sekresi. Komposisi urine terdiri dari sekitar 95% air dan 5% produk limbah.

Limbah nitrogen yang diekskresikan dalam urine termasuk urea, kreatinin, amonia, dan asam urat. Ion seperti natrium, kalium, hidrogen, dan kalsium juga diekskresikan.

Suka artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *