Rangkaian Seri dan Paralel

Rangkaian Seri dan Paralel

Contoh Rangkaian Seri dan Paralel– Hai semua Balik lagi dengan kami ini kali. Sekarang ini kita akan mengulas hal berkenaan Contoh Rangkaian Seri dan Paralel. Ke-2 hal itu tentu saja tidak bisa lepas dari yang Namanya listrik dan lampu. Tidak dapat dipikirkan tentu saja bila di kehidupan setiap hari kita tidak memakai listrik dan tidak ada lampu.

Dunia bisa menjadi velap gulita tentunya. Pada jaman dulu saat sebelum ada listrtik memang dunia dapat terus jalan. Tetapi sudah pasti hal itu sarat dengan keterbatsan dan kesusahan. Bila matahari mulai turun kita harus memakai obor atau lilin untuk sinar pencahayaan. Kegiatan pada malam hari tidak bisa dilaksanakan karena telah gelap pekat.

Sekarang ini listrik menjadi keperluan primer. Khususnya di beberapa kota besar yang hidupnya benar-benar tergantung pada listrik. Kehidupan kota akan berhenti bila listrik padam karena bila listrik padam tidak ada yang hendak dapat dilaksanakan kembali selainnya menanti listrik itu padam. Listrik bisa diteruskan di kota – kota besar tentu saja karena ada tehnologi yang demikian hebat sekarang ini.

Untuk dapat hasilkan listrik ada pembangkit istrik yang hasilkan listrik itu. Misalnya seper PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) ada pula yang memakai tenaga angin dan yang lebih hebat kembali sekarang ini dengan memakai sinar cahaya matahari.

Tahukah anda jika listrik ini memiliki rangkaian listrik atau kelompok dari beberapa elemen listrik yang sama-sama tersambung dan dipasang pada tegangan. Ddisekolah tentu kita memperoleh berkenaan pelajaran ini pada pelajaran Fisika. Bahkan juga sering di sekolah kita dapat mempraktekan berkenaan rangkaian itu supaya lebih memahami.
Rangkaian listrik ada dua yakni rangakain seri dan paralel. Untuk anda yang ingin tahu atau ingin ingat ingat Kembali berkenaan pelajaran ini di sini kita akan mengulasnya buat anda. Terus baca artikel ini kali berkenaan Contoh Rangkaian Seri dan Rangkaian Paralel.

Rangkain Seri

Contoh Rangkaian Seri dan Pararel1 1
Contoh Rangkaian Seri dan Pararel1 1

Rangkain seri sebagai salah satunya rangkaian listrik yang semua komponenya atau beban listriknya diatur dengan berurut. Tujuannya inputan atu elemen atau beban bersumber dari output elemen lainnya. Bila anda masih bimbang kita akan menerangkannya lebih dalam kembali. Lihat gambar di bawah ini

Pada gambar di atas menunjukkan jika lampu yang ada diatur dengan berurut . Maka kuat arus yang mengucur pada tiap lampu nilainya sama. Initinya tiap lampu itu memiliki satu kendala yang nilainya telah diputuskan oleh pabrik.
Jadi dengan demikian, elemen listrik yang hendak anda kalkulasi kelak sebagai kendala alternatif keseluruhan rangkaian. Rangkaian seri ini memiliki karakter – karakter tertentu yang bisa membandingkan dengan rangkaian paralel. Karakter – karakter dari rangakain seri itu seperti di bawah ini :

Dalam rangkain seri besar kuat arus yang mengucur dalam masing – masing elemen atau beban sama.
Dalam rangkaian seri ini, disebutkan dengan rangkaian bagi tegangan karena sumber tegangan dipisah dalam jumlahnya elemen yang dirangkai dengan seri.
Rangkaian seri ini memiliki banyak kelebihan dan kekurangan. Anda penasarfan dengan kelebihan dan kekurangan itu ? di sini kita akan menerangkannya.

Contoh Rangkaian Seri dan Pararel 5b
Contoh Rangkaian Seri dan Pararel 5b

Kelebihan Rangkain Seri

Keunggulan pada rangkaian seri ialah seperti berikut.

Bila memakai kabel karena itu jumlah kabel penghantar yang dipakai atau diperlukan tentu saja semakin sedikit karena itu jadikan lebih irit kabel.
Ongkos penempatan yang relative tambah murah
Meskipun kendala dalam masing – masing bebannya bebeda, beban tetap dilewati oleh besar arus yang serupa.
Analisis kerusakan bisa lebih cepat
Kekurangan Buat Seri
Kekurangan rangkaian seri ialah seperti berikut
Bila salah satunya dari beban padam atau putus karena itu beban yang lain ikut juga padam.
Lampu yang hidup nanti dirangkai secara seri tidak bisa berpijar sama jelasnya. Hal itu karena tegangan pada tiap lampu tidak sama. Bergantung pada besarnya kendala.
Contoh Rangkaian Seri
Dalam berkehidupan setiap hari kita dapat menyaksikan ada contoh implementasi dari rangkaian seri ini misalnya misalnya :

Switch/sakelar ialah implementasi rangkaian seri dengan beban,
Bila anda memakai setrika, dalam setrika itu ada rangkaian seri dengan bimetal atau temperature kontrol begitu halnya kulkas
Lampu hias yang ada di pohon natal sebagai rangkaian seri beberapa lampu.
Lampu tube lamp atau TL biasa orang mengenalinya dengan lampu neon tapi yang mode lama yang memakai ballast dalam box lampu terseut memakai rangakaian seri anatara jala-jala dengan ballastnya.

Rangkaian Paralel

Rangkaian paralel sebagai rangakain yang semua elemen listriknya diatur secara berderet. Hingga inputan dari tiap-tiap beban datang dari sumber yang serupa. Bila anda belum pahami, baca gambar rangkaian paralel di bawah ini :

Lihat gambar di atas, input pada masing – masing lampu datang dari sumber tegangan yang serupa . Maka dari masing-masing beban akn mendapat tegangan yang juga sama . Maka arus yang mengucur pada beban akan tidak sama.
Hal tersebut kenapa rangkaian parallel ini diaggap sebagai rangkaian bagi arus. Selanjutnya bagaiman karakter dari rangkain ini ? baik di sini kita akan memberi info berkaitan karakter dari rangkaian paralel :

Pada masing – masing beban nanti akan mendapat tegangan yang seperti yang yang lain.
Besarnya arus yang mengairi beban bergantung pada kecil besarnya kendala.
Kendala keseluruhan rangkaian paralel nilainya lebih kecil dibanding dengan kendala seri, hingga arus keseluruhan yang mengucur bisa menjadi makin besar
Hampir sama dengan rangkaian sr, rangkain paralel mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan Rangkaian Paralel

Berikut ini ialah keunggulan pada Rangkaian Paralel :

Lampu yang berpijar pada rangkaian parallel semua akan sama jelas.
Jika ada salah satunya lampu yang padam, lampu yang lain tidak punya pengaruh tetap berpijar.
Kekurangan Rangkaian paralel
Berikut ini ialah kekurangan dari rangkaian paralel :

Membutuhkankabel yang semakin banyak, jadi ongkos yang dikeluarkan semakin lebih besar diabndingkan dengan rangkaian seri
Besar arus yang mengucur pada tiap beban berlainan, bergantung dari besarnya kendala pada beban.

Contoh Rangkaian Paralel

Dalam berkehidupan setiap hari kita dapat menyaksikan ada contoh implementasi dari rangkaian paralel ini misalnya misalnya :

Setop contact yang umum kita pakai di kehidupan setiap hari sebagai rangkaian paralel dengan jaring – jaring.
Listrik yang umum di Distribusikan PLN kerumah-rumah sebagai rangkaian paralel.
Keyboard komputer sebagai rangkaian paralel.
Lampu jalan raya yang ada dijalan sebagai rangkain listrik parelel.
Penutup
Belajar rangkaian listrik ini sebetulnya tidak gampang bila kita ingin membaca secara baik. Karena sumber info sangat gampang kita peroleh. Maka dari itu kita jangan malas membaca atau belajar supaya berpikiran luas demikian ulasan ini kali. Terima kasih sudah membaca artikel ini kali berkenaan Contoh Rangkaian Seri dan Paralel.

You May Also Like

error: Content is protected !!