dalam Sejarah

Sejarah Bendera Merah Putih – Pada saat gerakan pengibaran bendera di kota surabaya terjadi pada insiden perobekan di yamato hoteru atau hotel oranye pada zaman kolonial yang sekarang di rubah menjadi hotel majapahit, setelah munculnya maklumat pemerintah indonesia bahwa bendera merah putih dikibarkan terus di seluruh indonesia termasuk pelosok kota surabaya pada tanggal 1 september 1945, di bawah pimpinan Mr. W . V . Ch. Ploegman sekelompok Belanda mengibarkan bendera merah-putih-biru di hotel yamato pada tiang di tingkat paling atas tepatnya di sisi utara pada pukul 9 malam tanggal 18 september 1945 namun tidak ada persetujuan pemerintah indonesia di daerah surabaya namun pada saat itu pemuda surabaya marah setelah melihat bendera itu berkisar mereka merasa jika belanda telah menghina indonesia dan melecehkan pada gerakan pengibaran merah putih yang saat itu tengah berlangsung di kota surabaya.

Namun tak lama kemudian massa menghampiri hotel yamato untuk masuk agar dapat mencopot bendera yang di pasang belanda namun pada saat itu datanglah residen soedirman yang menghampiri kerumunan massa di hotel yamato pada saat itu beliau di kawal oleh hariyono dan sidik dan beliau pun berunding dengan ploegman beserta kawannya untuk meminta celanda segera menurunkan benderanya di atas gedung yamato namun pihakploegman tetap menolak dan tidak mau mengakui kedaulatan indonesia otomatis perundingan semakin memanas tiba – tiba ploegman mengeluarkan pistol di sanalah terjadi perkelahian yang akhirnya loegman tewas karena di cekik oleh sidik tapi sidik juga tewas karena serangan dari tentara belanda yang saat itu tengah berjaga sedangkan hariyono dan soedirman berhasil melarikan diri pada saat itu masukla para pemuda untuk menaiki tingkat teratas hotel yang bertujuan untuk menurunkan bendera itu dan sejak itu dariyono dan soedirman yang awalnya melarikan diri jadi ikut serta memanjat tiang bendera dengan koesno wibowo dan akhrinya berhasil di turunkan lalu di robeklah pada bagian bendera warna biru setelah itu bendera di kibarkan lagi di tempat itu.

Namun semua itu belum selesai setelah kejadian yang tadi sudah selesai datanglah pertempuran pertama kali indonesia melawan tentara inggris pasa anggal 27 oktober 1945 pada saat itu setelah serangan kecil terjadi maka berubahlam menjadi serangan besar yang sangat banyak sekali orang yang menjadi korban pada kedua belah pihak inggris dan indonesia dan sejak saat itu jenderal D. C Hawthorn meminta agar soekarno meredekan situasi.

Tulis Komentar

Komentar