dalam Komputer, Sejarah

Sejarah handphone pertama kali di dunia ternyata tidak banyak orang yang tahu, padahal hampir setiap hari mereka menggunakan handphone dan bahkan pada sekarang ini hampir setiap orang memiliki handphone. Handphone pertama kali di dunia ditemukan oleh Martin Cooper, salah seorang karyawan Motorola pada 03 April 1973. Akan tetapi banyak pula yang memperdebatkan siapakah penemu handphone pertama kali di dunia, apakah Motorola ataukah si Martin Cooper.

Ada banyak istilah yang digunakan untuk penyebutan handphone, dimulai dari telepon genggamponsel, dan hp. Suatu perangkat baru dikatakan layak disebut sebagai handphone apabila mempunyai kemampuan komunikasi secara portable, dengan menggunakan jaringan nirkabel atau wireless. Dan oleh karena itu, handphone buatan Martin Cooper sangatlah layak dikatakan sebagai handphone pertama kali di dunia apabila kita mengetahui dengan jelas tentang perangkat mobile tersebut.

Sejarah Handphone

Handphone pertama kali yang ditemukan oleh Martin Cooper tersebut adalah DynaTAC 8000. DynaTAC merupakan model handphone pertama kali yang dikeluarkan oleh Motorola pada 1983. Handphone pertama kali didunia tersebut mempunyai berat total 2 Kg, dan Motorola membutuhkan biaya sebesar US$1,000,000 untuk memproduksi DynaTAC pada tahun 1983. Harga jual DynaTAC pada masa itu adalah US$4,000 atau setara 36 Juta Rupiah. Silahkan kalian bandingkan dengan harga jual handphone pada masa sekarang ini, yang murahnya gila-gilaan.

Baca juga:
Sebab-sebab Meninggalnya Ir.Sukarno (Bung Karno)

Handphone pertama kali di dunia tersebut hanya bisa dijalankan pada saluran GSM 900, dan bahkan selain dilengkapi dengan tombol nomor standar, handphone pertama kali di dunia tersebut juga dilengkapi dengan tombol sebagai berikut:

  • Rcl (Recall)
  • Clr (Clear)
  • Snd (Send)
  • Sto (Store)
  • Fcn (Function)
  • End
  • Pwr (Power)
  • Lock
  • Vol (Volume)

Coba bayangkan hanya dengan sejumlah tombol diatas, handphone pertama kali di dunia tersebut mempunyai ukuran panjang 25 cm, sebuah ukuran yang terlalu besar untuk dimasukkan di saku celana.

Penemu

Ada perdebatan yang lainnya tentang siapakah yang layak disebut sebagai penemu handphone pertama kali didunia, karena Bell Labs yang merupakan penemu teknologi telepon selular pertama kali di dunia pada 1947, yang kemudian teknologi handphone tersebut dikembangkan oleh tim riset Motorola pada 1960an. Entah siapa yang berhak dikatakan sebagai penemu handphone pertama kali di dunia, apakah Martin Cooper, Motorola, ataukah Bell Labs.

Baca juga:
Sejarah Bangsa Hindu-Budha di Indonesia

Dan sebagai informasi saja, salah seorang yang bisa dikatakan sangat berjasa untuk penemuan teknologi handphone pertama kali di dunia tersebut adalah Amos Edward Joel, Jr., seorang pakar dalam bidang switching yang bekerja di Bell Labs sejak tahun 1940 hingga 1983.

Perkembangan

Hanpdhone pertama kali didunia tersebut mempunyai daya hidup selama 60 Menit apabila digunakan untuk calling secara penuh dan membutuhkan waktu selama 10 jam untuk proses charging. Yah, DynaTAC 8000x kini juga menjadi buruan para kolektor dan entah berapa harga jugal DynaTAC 8000x pada sekarang ini, karena handphone pertama kali didunia tersebut merupakan sejarah awal Handphone yang dijual secara komersil oleh Motorola pada 1983.

Jika tertarik membaca sejarah teknologi yang lainnya, silahkan membaca sejarah mesin kasir pertama kali didunia pada artikel saya sebelumnya. Semoga sejarah handphone ini bermanfaat.

Tulis Komentar

Komentar