dalam Komputer, Sejarah

Sejarah Mesin Kasir – Mesin kasir kini serba digital, otomatis dan ringkas, tapi lain halnya dengan mesin kasir yang diciptakan oleh penemu mesin kasir pertama kali didunia.

Yah, mesin atau Cash Register sepertinya menjadi hal yang sangat menarik apabila saya menceritakan sejarahnya, yaitu sejarah mesin kasir pertama kali di dunia.

Dan semoga saja sejarah mesin kasir ini bisa menambah wawasan kita.

Penemu

Penemu mesin kasir pertama kali di dunia adalah James Jacob Ritty atau yang biasa dikenal dengan nama James Ritty. Dan dari apa yang saya baca di Wikipedia, mesin kasir pertama kali di dunia tersebut dipatenkan¹ pada 1879 dengan nama “Ritty’s Incorruptible Cashier”.

Sejak ditemukannya mesin kasir buatan James Ritty tersebut, sontak saja ada begitu banyak pihak yang tertarik membelinya, dan bahkan tidak lama kemudian mesin kasir yang bernama “Ritty’s Incorruptible Cashier” tersebut dibeli pada tahun 1881 oleh “The National Cash Register Company”, yang sebelumnya bernama “The National Manufacturing Company”, yaitu sebuah perusahaan yang berbisnis batubara dan kereta api.

Perkembangan

Mesin kasir tersebut di jual oleh James Ritty pastinya dengan pengorbanan yang sangat besar setelah dia bersusah payah menciptakan mesin kasir pertama kali didunia.

Pada awal mulanya James Ritty ingin memproduksi massal mesin kasir buatannya tersebut di Dayton – Ohio melalui sebuah perusahaan kecil, akan tetapi setelah merasa usahanya tidak berjalan sesuai rencana, maka mesin kasir itupun di jual.

Mungkin kalian bertanya-tanya, apa yang menyebabkan James Ritty menciptakan mesin kasir pertama kali dunia tersebut ? Dulu ketika dunia barat masih dipenuhi oleh para bandit, hampir semua Saloon² di U.S pada waktu itu kebingungan ketika para bandit ingin merampas hasil jerih payah mereka.

Dan James Ritty merupakan salah satu pemilik Saloon di U.S pada tahun 1879. Dia berpikir, mencari ide untuk menyelamatkan hasil jerih payahnya dari para perampok berkuda tersebut, dan akhirnya dia menemukan dan menciptakan “Ritty’s Incorruptible Cashier”, sebuah mesin kasir pertama kali di dunia.

Lalu bagaimana nasib James Ritty setelah menjual mesin kasir buatannya tersebut ? Nasibnya masih teramat baik, karena pada 1882 dia kembali membuka Saloon dengan nama The Pony House.

Dan kini yang sangat disayangkan tidak semua orang mengetahui siapakah pencipta mesin kasir pertama kali didunia, sedangkan ada begitu banyak toko, cafe, restoran, dan bentuk usaha lainnya yang menggunakan evolusi mesin kasir buatan James Ritty.

Mesin kasir buatan James Ritty telah membuat begitu banyak pihak yang terinspirasi untuk membuat mesin kasir yang jauh lebih berteknologi, ringkas dan mudah digunakan.

Di abad 21 ini kita tidak perlu lagi menggunakan mesin kasir untuk setiap usaha yang kita miliki, karena hanya berbekal komputer – pc berspesifikasi rendah pun bisa kita gunakan sebagai mesin kasir.

Lalu bagaimana bisa kita menggunakan komputer berspesifikasi rendah menjadi sebuah mesin kasir ? Pastinya semuanya itu bisa kita miliki apabila kita sudah menginstal software akuntansi ataupun software toko pada komputer tersebut.

Tulis Komentar

Komentar