dalam Ideas

Suka Duka Menjadi Mahasiswa – Tiap hari ke kampus pakai baju apa aja, nggak harus pakai seragam, topi, dan dasi. Hal itu, pastinya bikin kamu pengin segera lulus sekolah. Di mata kamu yang masih duduk di bangku SMA, kuliah tuh pasti terlihat enak, santai, dan, jam perkuliahannya juga fleksibel. Nggak kayak sekolah yang apa-apa masih serba diatur, kuliah lebih mandiri. Tapiiii, kamu tau nggak sih kalo kegiatan perkuliahan yang kesannya santai itu ternyata menghabiskan banyak waktu dan tenaga banget, lho.Suka dan Duka Menjadi MahasiswaTiap hari ke kampus pakai baju apa aja, nggak harus pakai seragam, topi, dan dasi. Hal itu, pastinya bikin kamu pengin segera lulus sekolah. Di mata kamu yang masih duduk di bangku SMA, kuliah tuh pasti terlihat enak, santai, dan, jam perkuliahannya juga fleksibel. Nggak kayak sekolah yang apa-apa masih serba diatur, kuliah lebih mandiri. Tapiiii, kamu tau nggak sih kalo kegiatan perkuliahan yang kesannya santai itu ternyata menghabiskan banyak waktu dan tenaga banget, lho.

Sebagai contoh nih ya, untuk jadi mahasiswa yang aktif, setiap harinya kita menghabiskan banyak waktu dan tenaga buat ngelakuin berbagai macam kegiatan kayak pergi ke kampus, ngemall, bahkan olahraga. Mungkin rasa capeknya nggak begitu kerasa kalo kita ngelakuinnya seneng, tapi, secara nggak sadar tuh kita bisa stress, lho. Walaupun begitu, jangan sampe rasa lelah dan lemas menghalangi aktivitas kamu, makanya kamu butuh asupan nutrisi yang cukup buat ngejaga agar badan kamu tetep sehat.

Suka dan Duka Menjadi Mahasiswa

Kegiatan yang bisa menguras tenaga tuh bukan cuma kegiatan yang berat, lho.

Kegiatan yang keliatannya sepele juga bisa bikin badan drop. Nah, beberapa kegiatan itu adalah:

1. Pergi ke kampus.

Dengan kemacetan kota, cuaca yang berubah-ubah secara drastis, ditambah perilaku pengguna jalanan lain yang nggak bersahabat bikin kita stress banget setiap keluar rumah. Bayangkan, untuk menempuh jarak sejauh 5 KM aja, kalau di Jakarta, kita harus menghabiskan setidaknya 1 jam di jalan. Dengan tingkat kemacetan seperti itu, bukan cuma tenaga dan bensin yang terkuras, tapi kesabaran juga. Pikiran jadi suram melulu, nyampe kampus udah nggak semangat belajar, focus jadi berkurang. Ujung-ujungnya, jadi sering kena tegur dosen karena bengong di kelas.

2. Ikut organisasi kemahasiswaan

Pengen eksis di kampus, ya harus ikut organisasi, dong. Mulai dari organisasi olahraga, fotografi, pecinta alam, seni, bisa kamu ikutin. Tinggal pilih aja mana yang sesuai sama minat kamu. Nah, biasanya kegiatan keorganisasian tuh baru dimulai sore hari hingga malam hari. Kebayang dong, siangnya lelah kuliah, sorenya harus ikut berbagai kegiatan kemahasiswaan? Kalo males-malesan, bisa ditegor senior.

3. Ngemall

Pusing dengan tugas kampus, cari hiburan ke mall, ah. Keliling-keliling, keluar masuk toko, ngantri panjang, kadang escalator yang mati bikin capek naik turun tangga. Kaki pegel, badan lemes, dompet kempes. Tanpa kita sadari, karena sejuknya AC mall, sebenarnya kita udah jalan jauh sekali. Kalo nggak percaya, coba aja sekali-sekali, nyalain aplikasi penghitung jarak tempuh di hape kamu. Terus, kamu jalan kaki keliling mall. Dijamin, setidaknya kamu bakal jalan kaki sejauh 3 KM.

4. Main futsal

Main futsal sama temen-temen sih seru, cuma abis itu capek dan pegelnya berasa banget. Mana biasanya main futsal tuh malem, abis kuliah kelar. Tapi itung-itung biar badan gerak juga, jadi nggak apa-apa. Tapi, badan yang diforsir untuk beraktivitas itu biasanya juga membutuhkan asupan yang mencukupi biar balance. Inget itu.

5. Nunggu bus

Halte yang panas, banyak debu jalanan, belom kalo nggak dapet tempat duduk di bus jadi harus berdiri sampe tujuan, lebih apes lagi kalo berdirinya di samping orang yang bau badan. Keadaan seperti itu membuat rasa capek kita semakin berlipat-lipat.

6. Ngerjain tugas

Kalo ini, selain menguras waktu dan tenaga, juga menguras pikiran. Apalagi kalo harus tugas kelompok, pergi ke sana-sini nyari bahan. Hal seperti itu, biasanya menjadi sumber stress utama bagi para mahasiswa, selain tentang dosen killer, maupun gebetan yang diembat temen sendiri. >.<

Banyak juga ya Suka dan Duka Menjadi Mahasiswa, ternyata bisa jadi penyebab stress dan kelelahan. Tapi, bukan berarti semua itu menyurutkan niat kamu untuk  jadi mahasiswa, kan?  Selama kamu  ngejalaninnya dengan  penuh semangat, pasti semua kerasa mudah.

Tulis Komentar

Komentar