dalam Life style

Makin banyak media sosial, makin banyak kesempatan buat pamer. Keinginan untuk pamer terasa sangat difasilitasi. Mulai dari Instagram yang terbuka untuk public, hingga Path yang hanya untuk kalangan dekat saja.

Dari foto makanan hingga liburan, semua nggak luput dipamerkan. Sayangnya, kebanyakan terasa lebih bangga kalo mamerin foto liburan di luar negeri. Seakan-akan, nggak ada tempat wisata yang bagus dan membanggakan di Indonesia. Padahal, liburan di luar negeri itu ribet banget lho, ini nih penyebabnya:

1. Ribet

Ngurus paspor aja udah ribet, ditambah harus ngurus visa yang setiap negara visanya beda-beda. Misalnya mau ke Jepang, ya pake visa Jepang. Mau ke Amerika, pake visa Amerika (visa Amerika paling ribet pembuatannya). Nggak praktis banget harus bolak-balik sana sini buat bikin, belom perpanjang paspornya minimal 6 bulan sebelum masa kadaluarsa paspor.

2. Mahal

Udah tau dong kalo harga barang di luar negeri mahal-mahal? Jangankan Eropa atau Amerika, sekitaran Asia aja kadang harganya lebih mahal dari di sini (walau ada juga sih yang harganya nggak jauh beda, tapi kalo gitu ngapain jauh-jauh ke luar negeri?). Belom lagi kurs mata uang yang sering naik, mau beli oleh-oleh aja mikir dua kali. Coba kalo liburan ke Bali, beli sandal jepit buat oleh-oleh cuma 15.000, beli 10 udah bisa nyenengin tetangga.

3. Makanannya nggak enak

Makanan Indonesia adalah makanan paling enak di seluruh dunia. Bumbunya, bahan utamanya, cara pembuatannya, nggak ada masakan negara lain yang bisa ngalahin masakan Indonesia. Liat deh makanan bule, cuman daon-daonan dikasih minyak trus diaduk-aduk. Udah nggak enak, harganya mahal, padahal ujung-ujungnya berak juga. L

4. Bahasanya susah

Kalo ke luar negeri minimal harus bisa Bahasa Inggris, kalo nggak bisa, harus siap-siap belajar bahasa tubuh. Udah gitu, belom tentu juga warga negara yang kita kunjungi itu bisa berbahasa Inggris.

5. Indonesia serba ada

Sebenernya, mau nyari apa lagi sih di luar negeri? Indonesia serba ada gini. Masih banyak lho tempat-tempat indah di Indonesia yang belum diketahui semua orang, plus semuanya serba terjangkau. Walau masih ada destinasi yang sulit dijangkau seperti Raja Ampat, tapi, rasanya kalo ke sana worth it banget sama perjuangannya.

Daripada ribet ngurus ini itu kalo mau liburan ke luar negeri,  mendingan liburan di Indonesia aja. pantai, ada. Gunung, ada. Bukit, ada. Gua, ada. Air terjun, ada. Padang rumput, ada. Hutan pinus, ada. Semua serba ada dan murah, apalagi kalo liburannya rame-rame, jadi bisa patungan. Seru, kan!

Tulis Komentar

Komentar