dalam Sosial

Bukan nggak mungkin di akhirat nanti, banyak orang yang masuk neraka cuma gara-gara tiap hari ngomongin tetangganya. Tetangga banyak tipenya. Mulai dari yang baik, sampai yang ngeselin. Tapi kebanyakan yang ngeselin. Pokoknya gatel kalau sehari aja nggak ngomongin.

Meski begitu, sebagai warga negara yang baik kita harus tetap hidup bertetangga. Bayangin kalau nggak punya tetangga, nanti pembantu kita curhat sama siapa kalau dia lagi berantem sama pacarnya?

Nah, dari sekian banyak tetangga, kamu pasti punya nih Tipe-tipe Tetangga yang kayak gini:

1. Yang Tiap Hari Nyuci Kendaraan Mulu

“Ih, itu orang kurang kerjaan banget sih! Tiap hari kok nyuci mobil!” saut Syueb sambil mengumpulkan demonstran untuk berunjuk rasa ke rumah tetangganya. Nasib kayak Syueb pasti banyak yang ngerasain. Tiap komplek, pasti ada aja tetangga yang kerjaannya nyuci kendaraan mulu. Kalau diliat dari kebiasaannya, mungkin tipe tetangga ini tipe yang higienis, yang di tiap sudut rumahnya ada vacuum cleaner. Dan semuanya dinyalain.

Kalau nemu tetangga kayak gini kadang suka mikir; kenapa nyuci kendaraan mulu ya? Mending kalau kotor, kalau nggak kan kesel juga. Kesannya nggak boleh ada satu titik debu pun di situ.

2. Yang Berantem Tiap Hari

Bukannya ikut campur, tapi tetangga yang kerjaannya berantem tiap hari suka bikin kita bertanya-tanya. Kira-kira apa sih yang diberantemin. Kan jadi kesel sendiri. Kesel karena nggak dikasih tau infonya.

Sebenarnya boleh berantem, asal berantemnya dengan suasana damai. Sebelum berantem minta izin dulu. Minta dijagain Linmas setempat juga. Atau kalau emang nggak sempet, yaudah, berantemnya liat-liatan aja. Biar nggak berisik.

3. Yang Tiap Hari Ada Suara Anak Kecil Nangis

Oek Oek, begitulah bunyinya. Di tiap komplek, pasti selalu ada aja tetangga yang punya anak kecil. Dan nggak bisa dipungkiri, anak kecil emang cengeng, apalagi seusia balita. Dikeplak dikit aja pasti nangis kejer. Lemah.

Kalau anak kecilnya nangis kan serba salah. Mau diem, berisik. Mau nyamperin, nggak mungkin. Cara terbaik adalah diambil hikmahnya aja, mungkin nanti kalau kita punya anak kecil juga akan kayak gitu. (((kita)))

4. Yang di Rumahnya Kayak Nggak Ada Kehidupan

Nggak enaknya tinggal di perumahan yang rada gede itu satu: orang-orangnya kayak nggak punya kehidupan di rumahnya. Coba perhatiin deh, tiap perumahan gede, kalau kamu tanya penghuninya kenal atau nggak sama orang sebelahnya, pasti nggak. Bahkan nama Pak RT setempat aja dia nggak tau. Kayaknya mentang-mentang berduit, mereka berpikiran kalau tetanggaan itu nggak penting, semuanya bisa dijalanin sendiri.

Nggak cuma perumahan gede aja sih, di komplek biasa juga ada tetangga yang kayak gini.

Kan kan, jadi kepanjangan nih ngomongin tetangganya. Berhubung udah panjang, mari sekalian kita lanjutin di kolom komentar. Kalau di rumah kamu, ada tipe tetangga yang kayak gimana? Ada yang kayak di atas?

Tulis Komentar

Komentar