dalam Ideas

Banyak mahasiswa yang udah sampai tahap nyusun skripsi, langsung frustasi. Mereka berpikiran kalau skripsi itu nyusahin, dan harusnya diilangin.

Padahal, skripsi itu sebenarnya nggak susah. Asalkan rajin, skripsi pasti selesai. Jadi yang susah itu bukan skripsinya, tapi kemauannya. Kemauan nyusun skripsi ini yang terkadang hilang atau bahkan memang nggak ada.

Nah, buat kalian yang berada di fase ini, mau sampai kapan males-malesan nyusun skripsi? Untuk sekadar pengingat, ketika males skripsi, coba deh pikirin hal-hal ini, siapa tau aja bisa jadi motivasi:

Bayar Lagi

Waktu lagi nyusun skripsi, saking frustasinya, pasti ada aja mahasiswa yang pasrah, lalu skripsinya nggak dikerjain dan endingnya, nggak jadi lulus. Ya, biasanya mereka mikir kalau topiknya terlalu susah. Jadi niatnya pengen ganti topik di semester depan.

Baca juga:
9 Tips Menghadapi Ujian Semester

Tapi sebelum kalian pasrah, coba mikir lagi deh. Yakin mau bayar lagi?

Nontonin Temen Wisuda Lagi

Orang yang pasrah akan skripsi itu nggak tau perasaan betapa bahagianya waktu bisa pakai toga di hadapan orangtua. Mereka seolah biasa aja, dan dengan mudah mikir, “Udah, bodo amat ah.”. Ya, mereka bisa mikir gitu di ‘luar’ gedung wisuda.

Coba kalau kita ngehadirin temen wisuda. Pasti dalam hati meringis, “Ah sial, kapaan gue bisa kayak gini?”

Jadi sebelum nanti mikir kayak gini, kerjain skripsinya guys.

Bikin Malu Orangtua

Biasanya, kita selalu punya sodara yang jadi bahan perbandingan orangtua kita. Jadi apa-apa dibandingin sama mereka.

Nah, bayangin kalau kalian di semester ini nggak wisuda-wisuda? Malu banget kan orangtua di hadapan sodara-sodara. Sodaranya aja wisuda, masa kalian belum juga?

Susah Nyari Kerja

Yang paling terasa dan paling penting adalah; semakin lama kalian lulus, semakin sedikit perusahaan yang mau nerima. Iya, perusahaan pasti mikir, “wah, ada apa-apa nih pasti kenapa dia bisa lama lulusnya.”

Baca juga:
Yang Harus Kamu Pikirkan Ketika Salah Jurusan Kuliah

Jadi, ya mereka lebih milih freshgraduate deh.

Nah itulah sedikit Tips Agar Tetap Semangat Mengerjakan Skripsi, So buat yang lagi males-malesan skripsi, yakin mau nunda-nunda lulus?

Tulis Komentar

Komentar