dalam Ideas

Para pembaca Seocrypt, disini penulis a akan memberikan tips dan trik untuk mengambil Foto makanan atau akrab ditelinga dengan Food Photography dengan baik dan ciamik. Di Zaman yang makin kekinian ini sangat beraneka ragam id – ide yang muncul, salah satunya adalah Food Photography ini.

Dari segi kata, Food Fotography berarti foto yang menjadi objek utamanya adalah makanan dan minuman. Nah disini kita akan memaparkan tips and trik untuk menghasilkan Foto makanan yang ciamik. Tips dan trik ini kita dapat di acara workshop yang diadakan Festival TIK 2015 di Sabuga, Bandung.

Pematerinya adalah Vivera Siregar, seorang Food Fotographer profesional dan juga merupakan pemliki akun instagram @Rumahselaras , yaitu akun yang menerbitkan foto foto makanan. Yuk kita simak Tips Food Photography dibawah ini.

Persiapkan kamera

Untuk mengambil suatu foto otomatis kita harus memakai kamera, pakai apalagi kalau bukan kamera hehe. Tapi gak melulu harus kamera yang bagus dengan bermega mega pixcel, karena sesungguhnya untuk mengambil kamera tidak menggunakan hal yang mathematic tapi menggunakan perasaan.

Minimal kita menggunakan kamera 5 megapixcel. Pun tak terpaku harus kamera digital atau DSLR saja, tapi kamera handpone pun bisa.

Manfaatkan Aplikasi

Bagi pengguna handphone sangat di untungkan karena ada banyak aplikasi yang menyokong manfaat kamera. Aplikasi yang disarankan adalah Snapsit, Pic art dan lain sebagainya.

Jika kita memanfaatkan aplikasi tersebut dengan baik, maka hasil foto yang dihasilkan pun akan bagus.

Gunakan cahaya Natural

Memang bukan haram hukumnya mengambil foto menggunakan flash, tapi untuk hasil foto yang lebih baik di anjurkan menggunakan cahaya yang natural, yaitu cahaya matahari. Kita bisa mengambil foto di dalam rumah yang terkena sinar matahari.

Dianjurkan untuk mengambil foto pada jam 06.00 sd 09.00 dan jam 15.00 – 18.00. Karena pada jam itu cahaya matahari sedang bagus – bagusnya. Tapi itu saat cuaca panas ya guys, kalau hujan mah pasti gak akan ada sinar matahari hehe.

Cari Angel yang pas

Dalam memfoto suatu objek, penentuan sudut pandang objek juga penting. Biasanya dalam food fotography, angel yang di ambil tepat 90 derajat / Dari atas. Sering juga menggunakan angel 45 derajat dari objek atau juga lurus dengan objek / beberapa derajat. Ini juga tergantung dari makanan seperti apa yang kita jadikan objek.

Contohnya Pizza. Jika kita mengambil angel dari depan atau 45 derajat, pizza ini akan terlihat aneh karena bentuk muka pizza itu terkesan amburadul, maka lebih baik mengambil angel tepat di atas Pizza, dengan ini bentuk pizza bisa lebih terlihat dam permukaan pizza pun akan terlihat lebih indah di pandang.

Properti

Dalam pengambilan foto makanan, tambahan properti akan membuat foto kita menjadi menarik. Ini akan membawa efek pada orang yang melihat hasil foto kita bahwa ini bukan sekedar foto makanan, tapi juga hasil kreativitas sang fotographer.

Tapi jangan sampai si properti malah membuat perhatian penikmat foto kita menjadi terbelah. Objek utamanya tetap makanan, properti hanya sebagai pemanis saja.

Tulis Komentar

Komentar