dalam Beauty, Ideas

“Kulit sawo matang itu, sawonya matang pohon apa matang diperem?”

Setiap ada acara Miss-Miss-an di TV, iklannya pasti didominasi oleh produk-produk kecantikan yang mendoktrin bahwa perempuan cantik itu harus berkulit putih. Padahal engga. Mau kulit putih, kuning langsat, sawo matang bahkan sawo busuk pun tetap cantik yang penting punya kulit. Bayangin kalo manusia gak ada kulitnya, cuma dibungkus plastik kayak dodol curah. Serem kan? Yang terpenting dari kulit itu sehat, bersih, nggak bersisik dan nggak berlendir sebab kamu bukan ikan lele.

Make-up yang bagus itu ya yang sesuai dengan warna kulit. Kadang cewek suka bingung, duh bagusnya pake warna apa yah biar wajah keliatan cerah dan bersinar? Kalo mau cerah dan bersinar jangan pake make-up, tapi pake neon alfamart.

Nah, sebenernya punya kulit sawo matang bisa kelihatan cantik dengan pemilihan jenis dan warna make-up yang tepat. Nih, Mimin bagi tipsnya buat kalian, biar nggak salah pilih ya!

1. Alas bedak/foundation

Pilih foundation yang senada dengan warna kulit, karena kalo terlalu terang bikin wajah kamu kayak topeng, sementara kalo terlalu gelap malah bikin wajah kusam kayak tembok wc terminal.

2. Bedak

Sama halnya dengan foundation, pilih bedak juga yang sesuai dengan warna kulit. Sebaiknya pilih loose powder yang formulanya lebih ringan, karena kulit sawo matang cenderung lebih mudah berjerawat dan komedoan. Jangan memilih bedak yang teksturnya berat, seperti semen putih atau sagu karambol.

3. Eyeshadow

Banyak warna eyeshadow yang cocok untuk kulit sawo matang, seperti cokelat pramuka, cokelat keemasan, bronze, kuning keemasan ataupun hitam. Jika ingin warna cerah, kamu bisa pilih tosca, biru langit, pink. Hindari warna abu-abu monyet, ungu terong, ijo hansip atau biru satpam karena membuat wajah semakin kusam. Untuk sehari-hari, cukup gunakan eyeshadow yang shimmer sewarna kulit. Kalo eyeshadownya matte, cukup dibasahkan dengan sedikit air, boleh air galon atau air zam-zam agar lebih barokah.

Nah, ini perbandingan warna untuk kulit tone “warm” dan “cool”, untuk si sawo matang, gunakanlah yang warm.

4. Blush on

Kulit sawo matang lebih cocok menggunakan blush on berwarna peach atau sedikit orens tapi jangan orens Persija. Warna blush on kecoklatan akan membuat wajah tampak kusam, dan boleh juga ditambahkan bronzer di sekitar tulang pipi untuk menambah kesan eksotis.

5. Lipstik

Beberapa warna lipstik untuk kulit sawo matang antara lain nude, caramel. Jika ingin warna pink, pilih fuschia pink atau pink tua, pink muda membuat wajah pucat. Hindari lipstik dengan warna merah bata dan ungu, jika ingin merah, pilih merah marun, merah cabe kriting, atau merah tua agar wajah terlihat lebih cerah.

Selain itu, pelembab juga tidak kalah penting. Pilih pelembab yang sesuai dengan kondisi kulit kamu, apakah kering, berminyak, atau kombinasi.

Sah-sah aja sih sebenernya untuk kamu memakai warna make-up apapun, asalkan kamunya memang pede dan sesuai kesempatan. Yang nggak kalah penting, cukup tonjolkan salah satu dari bagian wajah kamu. Contoh: kalo riasan mata udah tebal, pilih lipstik yang nuansanya lembut, dan sebaliknya. Kalo semuanya tebal, nanti orang bingung itu muka apa topeng reog.

Nah, kalo make-upnya udah tepat, jangan lupa membersihkan wajah ya. Make-up yang masih tersisa di wajah bisa menyumbat pori-pori, bikin jerawatan dan gak maksimal ketika dipoles make-up lagi. Lakukan perawatan secara rutin, kalo memang perlu boleh beli skin care yang sesuai dengan problem kulit. Jangan pake kosmetik palsu yah, karena berbahaya buat wajah kamu. Krim-krim wajah yang belum jelas asal-usulnya pun sebaiknya dihindari, sebab kita gak tau kandungannya apa aja. Bisa jadi ada merkuri, hydroquinone, atau bahan kimia berbahaya lainnya. Lalu yang terakhir, jangan pake susuk.

Intinya, apapun warna kulit kamu, jangan pernah minder! Pede adalah kuncinya. Semoga tips tadi bermanfaat dan bisa membantu kamu menemukan make-up yang tepat. Selamat berdandan! :-*

Tulis Komentar

Komentar