dalam Psikologi

Banyak sekali faktor yang membuat “acara belajar” anak jadi tidak menarik lagi, seperti rasa males yang sering menggoda , suasana di di dalam rumah yang tidak mendukung,  karena sakit, sedih,  atau bermasalah di sekolah.

Untuk mengembalikan gairah belajar pada anak perlu kiranya kita sebagai orang tua untuk mendampinginya. Dimana anak seringkali membutuhkan pendampingan orang tua pada waktu belajar, dan  dorongan dari orang tua itu bisa diberikan seperti:

1. Arti penting belajar

Mungkin anak belum paham manfaat belajar, tapi sebagai orang tua perlu menanamkan arti penting dan manfaat meraih ilmu, yaitu dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak.

2. Pemberian intensif

Intensif yang diberikan tersebut bisa juga berupa materi ataupun hanya dengan pujian . Pemberian perhatian pada usaha anak, itu akan lebih termotivasi untuk belajar dan dapat membakar semangat belajar anak.

3. Fokus pada masalah yg dihadapi anak

Ajukan pertanyaan pada masalah yang dihadapi atau dipelajari anak dan jika anak bisa menjawab, puji dia dengan menyebut kepintarannya sebagai hasil belajar. Namun jika tidak ajak anak untuk menemukan jawabannya di buku pelajaran.

Cara ini perlu untuk mengetahui sejauh mana anak memahami dan mengingat informasi yang ia serap, hingga lebih berkonsentrasi tentang apa yang mereka baca/pelajari.

4. Suasana belajar

Men-setting suasana belajar yang pas bagi anak agar nyaman & berkualitas.

5. Metode belajar yang tepat

Menemukan metode belajar yang efektif dengan mempertimbangkan keinginan anak. Atau dengan membaca keras-keras, membuat catatan ringkas penuh gambar dan berwarna-warni, dan lain sebagainya. Sehingga meski dengan sarana seadanya, pelajaran dapat terserap maksimal oleh anak dengan baik.

Semoga bermanfaat.
# Dari berbagai sumber

Tulis Komentar

Komentar