dalam Ideas

Sebentar lagi siswa kelas dua SMU akan mengadakan ujian, beberapa tips menghadapi ujian semester agar ujain lancar diantaranya:

1. Datanglah dengan persiapan yang matang dan lebih awal.

Bawa semua alat tulis yang kamu butuhkan, seperti pensil, pulpen, kalkulator, kamus, jam tangan, penghapus, tip ex, penggaris, dan lain-lainnya. Perlengkapan ini akan membantumu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian.

2. Tenang dan percaya diri.

Hilangkan kecemasan atau rasa takut pada dirimu, sehingga menjadi “tenang”. Ketenangan dalam berpikir untuk mengerjakan setiap soal, menimbulkan fokus yang lebih baik. Akibatnya, jawaban pada setiap soal akan bisa dikerjakan maksimal sesuai dengan kemampuan.

Rasa percaya diri juga dapat menambah semangatmu untuk mengerjakan soal-soal ujian.

3. Santai tapi waspada.

Waspada juga penting lho, kalau kewaspadaan yang rendah banget atau bahkan tidak waspada sama sekali, orang jadi tidak cermat sama ujian. Karena bawaannya pengen santai. Kita malah belajar seadanya, tidak ada persiapan, saking tidak waspadanya, sehingga membuat kita memandang remeh soal-soal ujian akibatnya kamu tidak dapat memberikan performa yang maksimal.

4. Preview soal-soal ujian jika masih memiliki waktu.

Eits, jangan keluar ruangan ujian dulu setelah selesai. Sebaiknya kamu mengulas kembali soal-soal yang menurutmu jawabannya kurang menyakinkan.

5. Jawab soal-soal ujian secara strategis.

Mulailah jawab soal dari yang paling mudah ke soal yang paling sulit.

Baca juga: Tips LDR-an Awet Sampe Nikah

6. Ketika mengerjakan soal-soal pilihan ganda, ketahuilah jawaban yang harus dipilih/ditebak. 

Jangan menebak suatu pilihan jawaban ketika kamu tidak mengetahui secara pasti dan ketika hukuman pengurangan nilai digunakan.  

7. Ketika mengerjakan soal ujian esai, pikirkan dulu jawabannya sebelum menulis. 

Buat kerangka jawaban singkat untuk esai dengan mencatat dulu beberapa ide yang ingin kamu tulis.  Kemudian nomori ide-ide tersebut untuk mengurutkan mana yang hendak kamu diskusikan dulu.

8. Sisihkan 10% waktumu untuk memeriksa ulang jawabanmu. 

Jangan segera ingin keluar ruangan,  baca ulang jawabanmu untuk memeriksa ejaan, struktur bahasa dan tanda baca.  

9. Analisa hasil ujianmu.

Setiap ujian dapat membantumu dalam mempersiapkan diri untuk ujian selanjutnya.   Putuskan strategi mana yang sesuai denganmu.  Tentukan strategi mana yang tidak berhasil dan ubahlah.  Gunakan kertas ujian sebelumnya ketika belajar untuk ujian akhir.

Selamat mencoba!(Rni/berbagai sumber)

Tulis Komentar

Komentar