dalam Ideas

Tau nggak tanggal 20 April itu diperingati sebagai hari apa? Bukan cuma sekedar hari Rabu (di tahun 2016 ini), hari ini juga diperingati sebagai Hari Konsumen Nasional. Semua  orang pasti suka dan emang harus belanja, entah itu untuk sekadar hiburan atau kebutuhan pokok. Itu menjadikan kita sebagai konsumen.

Tips Menjadi Konsumen Cerdas

Nah, sebagai konsumen, kita harus cerdas biar sama-sama untung. Gimana caranya? Simak yuk, tips menjadi konsumen cerdas dibawah ini.

1. Teliti

Mungkin kamu tipe kayak saya, yang kalau belanja setelah lihat barang yang mau dibeli langsung ambil, bawa ke kasir, bayar, terus pulang, nggak diteliti dulu. Tapi nggak usah dijadiin jurnal ilmiah ya penelitiannya. Padahal penting banget untuk meneliti dulu barang yang mau dibeli. Cek kondisinya, ada yang rusak atau enggak. Misalnya beli baju, cek jahitannya rapi atau nggak, siapa tahu ada yang bolong. Kalau bisa malah dicoba dulu, pas atau enggak di badan kamu. Terus juga kalau beli kosmetik, makanan, dan obat, penting banget untuk ngecek tanggal kadaluarsanya.

Pokoknya cek masa berlaku alias kadaluarsanya, lihat komposisi, manfaat, dan aturan pakainya. Kalau beli barang elektronik, pastiin juga dilengkapi petunjuk penggunaan dan jaminan garansi dalam bahasa Indonesia. Perhatiin juga label dan segelnya. Tapi jangan kelamaan perhatiinnya, nanti ada yang baper. Dan jangan tergiur dengan harga yang murah. Dan kalau emang tetep mau beli barang yang murah itu ya jangan berharap kualitasnya bakalan bagusss banget. Soalnya beneran deh, harga nggak bohong.

2. Beli sesuai kebutuhan

Walaupu kita konsumen, bukan berarti kita bisa berperilaku konsumtif alias boros dan bergantung sama hasil produksi orang lain aja. jangan mentang-mentang ada diskon, kamu langsung beli beberapa barang yang sama, padahal yang dibutuhin cuma satu. Waktu beli mikirnya, “Siapa tahu cepet abis, terus nanti butuh lagi.” Ternyata enggak. Nah itu buat apa, coba? Boros banget kan. Ya emang sih bisa dijual lagi, tapi kan… tetep aja PR. Kenapa nggak beli dengan jumlah yang sesuai kebutuhan aja sih?

3. Lihat review dan jangan malu nanya

Jaman sekarang kan udah pada biasa belanja online. Emang gampang banget sih. Nggak perlu melangkahkan kaki keluar dari rumah. Apalagi kalau lagi pengen banget barang itu, rasanya nggak sabar pengen pesen dan bayar, supaya besok barangnya dikirim dan sampai ke tangan kita. Tapi walaupun lagi ‘gatel’ banget mau belanja, jangan lupa untuk selalu baca review dari item yang mau dibeli. Review ini bisa membantu kamu untuk mutusin jadi beli atau enggak.

Gan, barangnya terbuat dari bahan apa nih?

Dan kalau masih kurang jelas juga, jangan ragu untuk tanya langsung ke yang jual. Tapi jangan kayak gini juga sih nanyanya…

4. Pilih metode pembayaran dan pengiriman yang dipercaya

Kalau belanja dari situs belanja online yang banyak tersedia sekarang ini, biasanya mereka udah menyiapkan beberapa pilihan pembayaran dan partner-an sama jasa pengiriman yang udah terpercaya. Tapi kalau kamu kebetulan belanja di luar situs-situs itu, pastiin kamu bisa pakai metode pembayaran yang udah kamu percaya dan bayar sesuai dengan harga yang udah disepakati. Kalau harus bayar-bayar lagi selain ongkos kirim, kamu patut curiga tuh.

5. Belajar lagi

Karena sekolah bisa bikin kita cerdas, jadi kalau mau menjadi seorang konsumen cerdas, coba belajar lagi biar makin cerdas.

Tulis Komentar

Komentar