dalam Beauty, Kesehatan

Pepatah mengatakan “rambut adalah mahkota” terutama bagi kaum hawa yang sangat ingin tampil modis dan perfeksionis. Siapa yang tidak menginginkan memiliki rambut yang indah, enak dipandang dan memberikan kesan percaya diri bagi pemiliknya? Entah itu rambut dengan keriting, lurus atau bergelombang, yang terpenting rambut tidak terlihat kusut, awut-awutan, kering dan bercabang. Baik itu perempuan ataupun laki-laki tentunya sama-sama tidak mengingikan hal demikian. Anda tidak perlu khawatir. 

Pada kesempatan kali kita akan membahas beberapa tips merawat rambut kering secara alami. Tidak perlu ke salon untuk mendapatkan rambut idaman, cukup di rumah anda akan mendapatkan hasil yang tak kalah dan lebih murah dari perawatan salon kecantikan.

Untuk lebih mudah mengatasi keluhan seputar rambut kering, sebaiknya anda deteksi terlebih duhulu, apa yang menjadi faktor penyebab rambut kering anda? Karena dalam merawat rambut, kita tidak semerta-merta hanya dengan memberikan vitamin saja, akan tetapi kita harus melihat faktor penyebabnya dan masalah yang dialami. Karena rambut itu tidak dapat melakukan lubrikasi sendiri, jadi kita harus melakukan penanganan yang lebih intens untuk menjaganya.

Faktor Penyebab Rambut Kering

Faktor-faktor yang menjadi penyebab rambut kering biasanya sering kali karena beberapa hal sebagai berikut:

  1. Pemakaian bermacam-macam produk yang mengandung bahan dasar alkohol
  2. Pemakian hairdryer dengan tingkat yang padat
  3. Terlalu sering membiarkan rambut terkena sinar matahari langsung
  4. Melakukan tindakan kasar kepada batang rambut dan kulit kepala

Baca juga: 10 Cara Alami Mengatasi Masalah Rambut Berketombe

Tips Untuk Merawat Rambut Kering

Dari beberapa tips kali ini yang perlu kita perhatikan dengan seksama adalah meminimalisir yang menjadi faktor penyebab rambut kering. Seperti yang telah dipaparkan pada point sebelumnya bahwa perawatan rambut kering perlu dilakukan secara rutin dan juga harus tepat memilih bahan yang akan dijadikan treatmentnya, sehingga tepat pada sasaran.

1. Pemilihan shampoo yang benar

Shampoo yang dapat menjadikan rambut anda lembut adalah shampoo yang menggunakan bahan yang rendah akan kandungan deterjen, begitu pula volume pemakaian sebaiknya cukup mencuci setiap 2-3 hari.

2. Pemakaian kondisioner dengan teratur

Kondisioner mempunyai fungsi merapikan kutikula rambut dan kondisioner ini sangat efektif mengatasi rambut kering. Disarankan pula dalam penggunaan kondisioner sebaiknya dilakukan pada batang rambut saja, bukan pada kulit kepala.

3. Memilih nutrisi dengan tepat

Dalam hal ini nutrisi bukan berasal dari luar saja melainkan harus di topang dari dalam. Seperti mengkonsumsi buah melon, buah apel, jus buah semangka dan buah alpukat. Buah-buahan tersebut berpengaruh efektif untuk kesehatan rambut.

4. Hindarkan dari benda-benda panas

Seminimal mungkin hindari benda-benda panas yang dapat merusak rambut seperti hair dryer, catokan pelurus rambut dan semacamnya. Hal ini sebaiknya anda minimalisir atau bahkan dihindari dalam penggunaanya karena penggunaan dengan tensi yang padat akan menjadikan rambut anda patah serta semakin kering. Bila pemakaian benda-benda panas ini sulit anda hindari maka pakailah serum sebagai pelindung rambut.

5. Melakukan perawatan alami dengan ektra

Perawatan ektra yang anda lakukan akan memberikan hasil yang maksimal. Perawatan ini tidak harus dilakukan di salon atau perawatan kecantikan lainnya. Anda cukup lakukan di rumah saja dan tentunya anda harus mengetahui bagaimana cara memberikan perhatian lebih pada rambut kering anda. Mari simak bersama-sama cara merawat rambut kering dengan benar:

  • Anda bisa gunakan madu dan susu sebagai masker untuk rambut agar terlihat sehat berkilau
  • Masker wortel yogurt juga sangat efektif menjadikan rambut anda lebih lembut
  • Oleskan minyak zaitun para rambut anda, diamkan selama kurang lebih 1 jam, lalu bilaslah dengan menggunakan shampoo.

Beberapa tips merawat rambut kering yang telah dipaparkan diatas semoga bisa bermanfaat bagi anda dan  tentunya harus dilakukan dengan ektra intensif agar bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Dan hal-hal yang menjadi penyebab rambut kering seperti benda panas yang mungkin sulit anda hindari, sebaiknya diminimalisir sebisa mungkin.

Karena dalam pepatah “lebih baik mencegah daripada mengobati”. Semuanya bergantung dari anda sendiri, hasil dari sesuatu  tak luput dari kemauan dan aplikasi. Dapatkan rambut sehat, hitam dan berkilau yang akan membuat anda semakin percaya diri.

Tulis Komentar

Komentar