dalam Ideas

Puasa bukan berarti males-malesan. Tapi emang nggak bisa bohong, kadang emang terasa lemes dan ngantuk banget kalau lagi puasa. Apalagi pas siang-siang. Hmmm… Nah, mungkin kamu harus perhatiin lagi hal-hal berikut ini.

1. Pilih makanan

Maksudnya, bukan jadi orang suka pilih-pilih makanan, yang maunya enak-enak aja. Hehe. Kalau kamu sering merasa lemas, bisa jadi itu karena kamu kurang protein. Coba ganti menu sahur atau berbuka kamu dengan nambahin protein kayak tahu, telur, dan ikan. Konsumsi juga lemak baik yang bisa kamu dapat dari kacang-kacangan, daging buah kelapa, dan alpukat. Kurangi juga makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi, soalnya ini bikin cepet lapar dan haus lagi.

2. Olahraga

Mau olahraga dan tetep puasa? Bisa dong. Tinggal ganti aja jadwal olahraganya, misalnya sambil ngabuburit menjelang berbuka, dan pilih olahraga yang ringan. Jangan lari marathon keliling kompleks jam 10 pagi. Jogging atau sepedaan aja sambil cari takjil. Atau senam sambil dengerin ceramah menjelang Maghrib.

3. Banyakin minum air putih

Buka puasa emang enaknya pakai teh manis dan es buah. Rasanya nyesss banget di tenggorokan setelah seharian puasa. Tapi jangan lupa imbangin dengan minum banyak air putih ya. Apalagi kalau kamu suka minum kopi atau minuman bersoda. Jangan nekat langsung minum kopi atau soda begitu berbuka puasa. Nanti perut kamu yang seharian kosong jadi kaget, yang ada kamu sakit perut sampai sahur nanti.

4. Atur jam tidur

Jadwal di bulan puasa emang jadi lebih padat dari biasanya. Usahain kamu tidur yang cukup. Setelah taraweh, jangan lanjut modusin gebetan sampai sahur, mendingan tidur. Setelah sahur juga bisa tidur lagi, tapi jangan langsung setelah sahur ya. Ibadah dulu dan biarin makanannya turun dulu. Kalau memungkinkan untuk tidur siang, manfaatin! Biarpun cuma satu jam, itu lumayan banget supaya badan kamu tetep segar.

5. Makan suplemen

Kamu bisa konsumsi suplemen tambahan kalau udah ngerasa mulai drop shay atau ya supaya tetep fit aja. Coba konsumsi suplemen vitamin C yang bagus buat daya tahan tubuh. Atau yang udah pasti sehat, aman, dan murah… madu!

Nah, sebenernya tips ini juga bisa diterapkan kalau kamu lagi nggak puasa. Tapi jangan lupa lebih perhatian lagi sama kondisi tubuh dan asupan makanan kamu di bulan ini, supaya puasa dan ibadah lainnya lancar.

Tulis Komentar

Komentar