dalam Blog

Untuk seorang pemula, tentu saja, menggunakan VPS tidak semudah menggunakan shared hosting, karena VPS memang membutuhkan pengetahuan tentang Linux atau komputer UNIX. Jika kamu terbiasa menggunakan Windows, lalu mencoba linux. Awalnya akan terasa suanggatt sulit.

Pertama kali saya menggunakan VPS, yang menambahkan virtual host di server nginx, saya belajar keras dan akhirnya bisa melakukannya. Tapi, jika kamu suka cara yang lebih praktis tanpa perlu tahu dasar-dasar cara kerja server web nginx, gunakan vpssim. VPSSim (VPS Simple) adalah program berbasis skrip bash yang menjadikan penggunaan linux server lebih mudah dan otomatis. Seperti menggunakan cpanel dalam shared hosting.

Sayangnya, VPSSim masih berjalan hanya di distro Centos. Jika kamu menggunakan Debian atau Ubuntu, kamu dapat menggunakan easyengine.

Oke, kembali ke VPSSIM. Script ini akan menginstal Nginx, PHP-FPM, dan MySQL secara otomatis. Penggunaannya juga sangat mudah, lupakan kode linux yang membingungkan.

Tidak hanya itu, VPSSIM juga memudahkan kamu untuk mengelola banyak situs web yang ada di server kamu, menambah dan menghapus tidak pernah semudah ini. kamu juga dapat menginstal wordpress, drupal, textpattern dan lainnya. Mendukung lebih dari 19 CMS. Sayangnya tidak termasuk framework populer seperti = Cakephp, Laravel, CodeIgniter dan lainnya.

Yuk baca juga : Cara Instal VPSSIM

Tulis Komentar

Komentar