dalam Wisata

Caringin Tilu – Hai semuanya..masih pada bersemangat kan? Semangat untuk segera liburan.. hahha. Sekarang fokus dulu sama kerjaan masing-masing. Sedangkan saya akan membuat review tentang tempat wisata yang bisa dijadikan pilihan saat liburan nanti. Kemana pilihan kalian untuk berlibur? Semua terserah anda. Hahahha

Oke, untuk kali ini saya akan mengajak kalian untuk bercerita tentang daerah liburan selanjutnya. Kalo yang sekarang ini ada di daerah Bandung, Jawa Barat. Tempat wisata ini biasanya dikunjungi pada malam hari. Kalian bisa melihat keindahan Bandung dari atas. Kalo di daerah Malang ada juga tempat semacam ini, yaitu Payung. Yaaa ga beda jauh sih. Cuma bedanya kalo Payung lebih sederhana ya, di samping warung-warung itu jalan untuk menuju daerah Kediri dan sebagainya. Tapi kalo di Cartil memang khusus buat liburan jadi ga ada bus ato truk yang lewat daerah ini. Oke untuk tau lebih lanjut soal tempat ini yang bisa dijadikan alternatif liburan di malam hari daripada Cuma nongrong di mall langsung aja deh mari kita baca review tempat ini dari saya.

Seluk Beluk Caringin Tilu

Cartil atau singkatan dari kata Caringin Tilu ini merupakan tempat wisata alam di daerah Bandung. Mungkin sedikit asing juga loo bagi warga Bandung, jawa Barat umumya yang kurang familiar dengan tempat wisata ini. Tempat wisata ini berada di Kabupaten Bandung, Desa/Kecamatan Cimenyan atau lebih tepatnya di daerah Kampung Cisayur. Tempat ini terkesan dengan eksotismenya yang syarat dengan mitos.

Untuk sebagian warga Bandung mungkin sudah mengenal daerah objek wisata Caringin Tilu atau biasa disingkat dengan kata Cartil ini. Pada tahun 2002 Cartil telah resmi dibuka sebagai tempat wisata. Pada saat pertama kali dibuka hanya terdapat 3 orang saja penjual makanannya namun saat ini semakin ramai looo ada terdapat sekitar 25 saung yang menyediakan berbagai macam varian makanannya. Cartil ini dikenal dengan wisata alam yang masih perawan. Jadi sangat menarik miant pengunjung untuk pergi ke sana.

Caringin Tilu itu artinya apa sih? Nah di bahasa Sunda tempat dimana Cartil berada. Caringin Tilu berarti tiga pohon beringin. Nama tersebut diambil karena di sana terdapat tiga pohon beringin yang berumur ratusan tahun , namun sayangnya saat ini hanya terdapat satu pohon beringin saja. Satu pohon beringinnya tumbang dan yang satunya lagi meti karena kekeringan. Sayang banget yah. Tapi atas inisiatif warga setempat karena menginginkan kelestarian dari keidentikan nama Caringin Tilu tetap ada maka ditanamlan dua pohon beringin sebagai pohon pengganti dari dua sebelumnya. Jadi Caringin Tilu tetap berdiri sesuai dengan nama tempat ini.

Nah, denger-denger Cartil ini selalu dikaitkan dengan mitos oleh warga setempat. Kira-kira kenapa yah? Katanya di atas tempat ini terdapat makam leluhur yang menurut warga setempat diyakini sebagai tempat keramat. Banyak sekali mitos yang berkembang, salah satunya adalah mitos mengenai kematian dua pohon beringin atau dalam bahasa sunda disebut caringin pada saat kekalahan salah satu partai berlambang pohon beringin pada saat pemilihan umum.

Saat berada di daerah Cartil ini makan kalian akan melihat harmonisasi alam yang terhampar luas di depan mata. Keindahan alamnya akan membuat kita merasakan kenyamanan dan hati yang damai. Sejuk banget karena banyak sekali tumbuhan yang terdapat di daerah ini. Karena terletak di dataran tinggi, maka kalian akan melihat keindahan kota Bandung dari atas. Apalagi pas malam hari, lampu-lampu rumah penduduk yang bersinar dari bawah di mana Bandung berada akan sangat bagus sekali. Jadi kalo bisa diibaratkan itu seperti lautan hitam dengan bertaburannya beribu bintang. Hehhe

Caringin Tilu akan sangat ramai dikunjungi pada saat weekend. Tentu saja, para pengunjung apalagi turis tidak akan membuang kesempatan ini juka sudah berada di Bandung. Dan hal tersebut tentunya juga akan memberikan banyak sekali keuntungan untuk para pedagang di sekitar Caril. Warung-warung yang berada di sekitar tempat wisata akan menyediakan berbagai macam makanan dan minuman. Ada juga makanan dan minuman tradisional yang disediakan untuk menghangatkan tubuh pada malam hari. Seru deh pokoknya.

Kalo kalian lagi di bandung jangan lewatkan tempat ini yaah.

Tulis Komentar

Komentar