dalam Blog

Danau Kelimutu – Beberapa dari kalian mungkin sudah mendengar bahkan mengunjungi danau yang namanya sudah tidak asing ini, tapi beberapa mungkin juga masih belum berkesempatan untuk bisa berkunjung ke danau ini. Siapa yang tidak tahu tentang danau yang memiliki tiga warna berbeda yang terletak tepat di Taman Nasional Kelimutu ini? Pasti sudah tahu dong yaa.

Taman Nasional Kelimutu ini merupakan taman nasional yang ukurannya paling kecil dibandingkan dengan enam taman nasional lainnya yang berada di daerah Bali dan Nusa Tenggara. Tapi jangan salah, meskipun ukurannya paling kecil menurutku besar kecilnya ukuran tidaklah terlalu penting karena ketika kalian mengunjungi danau yang sangat unik tersebut keindahan yang ditawarkan tidaklah kalah dengan keindahan wisata lainnya. Di Taman Nasional Kelimutu ini terdapat tiga danau yang letaknya berada di puncak gunung Kelimutu. Nah, ketiga danau tersebut punya nama yang sama dan juga sangat populer, sehingga dikenal dengan nama Danau Kelimutu. Mungkin tujuan pemberian nama yang sama ini agar para pengunjung mudah untuk mengingat nama danau tersebut. Sehingga ketika para pengunjung menikmati keindahan ketiga danau tersebut yang berada di puncak gunung Kelimutu untuk lebih mengingat maka disebut saja Danau Kelimutu untuk ketiga danau tersebut.

Dari ketiga danau tersebut, masing-masing memiliki warna yang berbeda-beda dan setiap warna memiliki memiliki arti yang berbeda pula. Tiga danau kelimutu itu diyakini sebagai tempat dimana bersemayam roh-roh serta diyakini pula mempunyai kekuatan alam yang sangat luar biasa.

Wisata indonesia : Danau Kelimutu

Perjalanan dengan mobil sewaan yang mampu menampung hingga 7 orang akan membuat kalian merasa terkesima dengan pemandangan yang tersaji disepanjang perjalanan menuju Danau kelimutu selama beberapa jam. Sungguh mengesankan keindahan yang ada di Indonesia ini. Perjalanan yang ditempuh selama perjalanan penuh dengan jalan yang berliku. Wajar sih, karena daerah gunung. Kira-kira 350 km jalan berliku yang harus ditempuh yang menghubungkan pulau ini, merupakan harga yang pas lah untuk bisa menikmati keindahan Nusa Tenggara, tepatnya di daerah Flores ini. Keindahan panoramanya sangatlah patut untuk diperbincangkan, ga kalah dengan panorama di tempat-tempat lainnya yang juga menawan.

Berita tentang keindahan Danau Kelimutu ini tersebar hingga skala internasional setelah Danau yang memiliki tiga warna tersebut dipopulerkan oleh seorang warga negara Belanda yang bernama Van Such Telen. Dia mempopulerkan Danau kelimutu setelah mengunjungi danau tersebut pada tahun 1915. Nama Danau kelimutu semakin terkenal luas akan keindahannya setelah Y. Bourman berhasil melukis keindahan danau dengan tiga warna itu. Selain melukis keindahan danau yang terkenal dengan keunikannya karena memiliki warna yang berbeda, dia juga menuliskan tentang perubahan warna air dari danau tersebut pada tahun 1929. Setelah itu nama Danau Kelimutu sangatlah populer hingga mancanegara.

Jika kalian ingin menikmati keindahan danau ini, kalian bisa mencapai lokasi danau tersebut dengan melalui kota kecil yang bernama Moni. Kota ini merupakan basecamp dari para backpacker untuk bisa menuju danau. Masalah pemandangan saat kalian mulai menuju danau dari tempat ini jangan ditanyakan lagi. Sudah terbukti keindahannya. Danau yang terletak di sebelah Barat dikenal dengan nama Tiwu Ala Mbupuyang ayng berarti danau dari jiwa-jiwa para orang tua yang telah meninggal. Sedangkan danau yang berada di tengah memiliki nama Tiwu Nuwa Muri Koo Fai yang memiliki arti danau untuk para jiwa-jiwa orang muda dan mudi yang telah meninggal dunia. Dan danau yang letaknya berada di sebelah timur dikenal dengan nama Tiwu Ala Polo arti nama tersebut adalah danau untuk para jiwa-jiwa orang yang selalu melakukan kejahatan. Dan yang menarik adalah warna dari ketiga danau tersebut selalu berubah-ubah.

Perubahan warna air yang ada pada Danau kelimutu tidaklah dapat diprediksi. Terkadang, warna yang tampak bisa warna biru, hitam dan hijau dan pada waktu yang lainbisa muncul warna putih, merah dan juga biru. Pada beberapa waktu yang lalu, warna yang muncul pada danau tersebut adalah warna coklat tua.

Jika kalian memang berkunjung ke sana jangan lupa untuk mengabadikan keindahannya. Kira-kira waktu ke sana, danau kelimutu berwarna apa ya?

Tulis Komentar

Komentar