dalam Blog

Danau Toba – Setelah kita menjelajah wilayah timur Indonesia yaitu Lombok. Selanjutnya kita ke wilayah barat Indonesia, tepatnya di daerah Sumatera.

Selain pantai, di Indonesia juga terdapat banyak sekali danau. Danau kelimutu merupakan salah satu yang unik. Selain itu ada sebuah danau yang sangat terkenal sekali namanya di seluruh Indonesia. Apa lagi kalau bukan Danau Toba. Danau yang terletak di provinsi Sumnatra Utara ini merupakan danau terbesar yang ada di negara Indonesia. Yang menarik dari Danau Toba ini adalah di tengah-tengah danau terdapat pulau kecil yang bernama Pulau Samosir. Kalau Danau Kelimutu unik karena terdapat tiga warna berbeda pada danau tersebut, danau toba letak keunikannya karena adanya pulau yang terletak di tengah danau. Masyarakat menyebutkan bahwa danau tersebut terbentuk karena kutukan dewa.

Danau Toba merupakan danau vulkanik yang memiliki ukuran dengan panjang 100 kilometer dan lebar yang mencapai 30 kilometer. Selain terbesar di Indonesia, danau Toba merupakan danau tersebar se Asia Tenggara. Kalo, terbesar se Asia Tenggara berarti danau ini emang besar banget lo. Yang pernah ke danau ini pasti udah tahu bagaimana indahnya danau toba dilengkapi dengan adanya pulau samosir yang terletak di tengah danau. Telah lama sekali danau ini menjadi salah satu tujuan wisata penting untuk wilayah provinsi Sumatera Utara. Banyak sekali pengunjung yang ingin melihat keindahan dari danau terbesar ini. Selain danau toba, di Sumatera utara juga terdapat beberapa tujuan wisata lainnya, seperti Bukit Lawang, Barastagi dan juga Nias. Kalian udah pernah ke sana belum? Kalo mimin sih belum. Selain tempat wisata ini menarik perhatian para pelancong dari wilayah Indonesia, pelancong dari luar negeri juga banyak yang berkunjung ke sana. Wisatawan asing tersebut sangat ingin melihat keindahan danau yang sangat terkenal tersebut.

Wah, sebagai orang Indonesia asli kita merasa gimana gitu ya. orang luar negeri aja berbondong-bondong ingin melihat keindahan wisata alam yang terdapat di negara kita. Kenapa kita enggak? Kenapa kita malah berbondong-bondong ingin pergi ke luar negeri kalau ternyata di negara kita sendiri banyak banget tempat wisata lebih menarik yang sangat layak untuk dikunjungi.

Sejarah Danau Toba

Danau Toba terbentuk sekitar 73000 sampai 75000 tahun lalu saat terjadi ledakan yang sangat dahsyat. Ledakan tersebut merupakan letusan dari gunung berapi super atau sering disebut dengan supervolcano yang paling baru. Seorang peneliti dari Michigan Technology University yang bernama Craig Chesner dan Bill Rose memperkirakan bahwa bahan vulkanik yang ada akibat dari letusan gunung tersebut kira-kira sebanyak 2800 kilometer persegi dengan komposisi 800 kilometer persegi batuan ignimbrit dan 2000 kilometer persegi adalah abu vulkanik yang tertiup angin ke arah barat kurang lebih selama 2 minggu. Debu vulkanik tersebut ditiup oleh angin yang telah menyebar hampir ke separuh belahan bumi. Bayangkan, angin tersebut membawa abu vulkanik mulai dari China hingga Afrika Selatan. Letusan dari gunung berapi tersebut terjadi selama satu minggu dan terpaan debu vulkaniknya mencapai jingga 10 km di atas permuakaan air laut. Wah, tinggi banget yaa. Bisa dibayangkan betapa dahsyatnya kejadian itu. Selain kejadian Gunung Krakatau ternyata ada juga kejadian dahsyat seperti ini.

Dari kejadian meletusnya gunung tersebut mengakibatkan kematian massal dan juga kepunahan yang terjadi pada beberapa spesies. Ya ampun, serem banget ya. letusan ini juga mengakibatkan penyusutan manusia hingga mencapai sekitar 60% dari jumlah populasi manusia pada saat itu. Kejadian tersebut pasti mengakibatkan luka yang sangat dalam pada manusia terdahulu yang hidup saat kejadian tersebut melanda bumi.

Setelah adanya letusan dari gunung berapi super terbentuklah kaldera yang kemudian air mengisi kaldera tersebut dan menjadi danau yang saat ini terkenal dengan sebutan Danau Toba. Tekanan yang terjadi karena magma yang belum keluar menyebabkan munculnya sebuah pulau kecil di tengah danau tersebut yang disebut dengan Pulau Samosir.
Daerah yang ada di sekitar Danau Toba dan juga Pulau Samosir telah menjadi sasaran oleh para penebang hutan. Dan akibat adanya penebangan hutan liar tersebut adalah adanya pendangkalan sungai-sungai yang berada di sekitar Danau Toba. Hal tersebut terjadi karena adanya erosi di atas tanah yang telah ditebang tersebut. Wah sayang banget ya. ini akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab

Tulis Komentar

Komentar